Dukung Konektivitas dalam Penyelenggaraan KTT G20 di Bali, PT Telkom Lakukan 4 Hal Ini

Selasa, 04 Oktober 2022 - 21:40 WIB
loading...
Dukung Konektivitas dalam Penyelenggaraan KTT G20 di Bali, PT Telkom Lakukan 4 Hal Ini
PT Telkom Indonesia telah menjalankan empat program untuk mendukung konektivitas dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022. Foto ist
A A A
JAKARTA - PT Telkom Indonesia telah menjalankan empat program untuk mendukung konektivitas dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022. Direktur Network dan IT Solution PT Telkom, Herlan Wijanarko mengatakan, semua upaya dikerahkan untuk memastikan layanan telekomunikasi yang mumpuni pada pelaksanaan KTT G20 .



"Pertama, ekspansi kapasitas transport & IP backbone hingga 1 Terabyte. Kedua, menyiapkan infrastruktur akses broadband dengan tingkat keandalan tinggi melalui konfigurasi dual/triple homing serta layanan teknologi wifi generasi 5/6 di 19 venue," beber Herlan, saat jumpa pers #G20Update bertema Kesiapan Infrastruktur Jaringan Telekomunikasi KTT G20 yang digelar virtual, Selasa (4/10/2022).

Ketiga, lanjut Herlan, menyediakan layanan mobile dengan coverage 100% 4G dan 5G di area Bali yang didukung 3.656 BTS 4G dan 24 BTS 5G. "Keempat, mengamankan jaringan dengan menerapkan Next Generation Firewall dan Anti-DDOS untuk memastikan keandalan dan keamanan jaringan telekomunikasi selama event KTT G20," tuturnya.

Saat ini, jelas Herlan, Jakarta, penyiapan infrastruktur jaringan telekomunikasi untuk mendukung KTT G20 telah mencapai 99,1 persen. Ada beberapa bagian yang masih akan dituntaskan maksimal akhir Oktober 2022. "Di antaranya pemasangan akses poin di beberapa lokasi dan beberapa hal lain. Tapi ini sifatnya hanya merampungkan saja," tambahnya.

Herlan menyampaikan, untuk menyukseskan penyelenggaraan KTT G20, Pulau Bali telah terkoneksi dengan 5 submarine cable, 3 ke arah barat dan 2 ke arah timur. "Kita juga siapkan 2 international gateway, satu di Batam dan yang terbaru ada di Manado," imbuhnya.

Jaringan akses dan jaringan Backhaul menuju BTS sudah Dual Homing. Telkomsel juga menyiapkan 12 BTS Combat. "Bulan kemarin kita juga sudah rehearsal test dan melakukan stress test pada jaringan," ujarnya.

Lanjut Herlan, sumber daya manusia dan tools untuk menyongsong KTT G20 juga dipersiapkan dengan matang. Di samping National Command Center (Jakarta) dan Regional Command Center (Surabaya) yang beroperasi non stop 7 hari 24 jam, Telkom secara khusus menyiapkan Mini Network Operation Center di Nusa Dua Bali yang akan beroperasi non-stop mulai 1 s.d 18 November 2022.

"Untuk mengawal infrastruktur tersebut, sebanyak 320 teknisi disebar di seluruh venue. Principal expert, engineer onsite, serta spare part perangkat dari technology owner juga disiagakan selama KTT G20 berlangsung," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)