Letkol Mar Mardiono, Prajurit Tamtama yang Berhasil Ukir Prestasi hingga Tembus Perwira

Selasa, 04 Oktober 2022 - 14:37 WIB
loading...
Letkol Mar Mardiono, Prajurit Tamtama yang Berhasil Ukir Prestasi hingga Tembus Perwira
Korps Marinir merupakan pasukan elite TNI Angkatan Laut (AL) yang selalu melahirkan prajurit-prajurit petarung dan berprestasi. (Ist)
A A A
SURABAYA - Korps Marinir merupakan pasukan elite TNI Angkatan Laut (AL) yang selalu melahirkan prajurit-prajurit petarung dan berprestasi. Salah satunya, Kepala Seksi Penerangan Pangkalan Korps Marinir Surabaya (Kasipen Lanmar Surabaya) Mayor Mar Mardiono.

Loyalitas dan dedikasinya selama bertugas membuatnya kembali dianugerahi kenaikan pangkat menjadi Letnan Kolonel (Letkol) Marinir (Mar). Kenaikan pangkat ini tercantum dalam Keputusan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa Nomor: Kep/898/IX/2022 pada Jumat, 23 September 2022.

Hal itu diperkuat dengan Telegram Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudho Margono Nomor: 653/ KAS / 0922 TWU 0928.1438. Serta, Surat Telegram Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto nomor ST/1709/2022 pada Jumat 30 September 2022.

Bersama lima Perwira Pertama (Pama) dan enam Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanmar Surabaya, Mardiono melakukan serangkaian acara pelaporan kenaikan pangkat kepada Danlanmar Surabaya Kolonel Mar Idi Rizaldi, di VIP Room Lapangan Tembak Marinir Karang Pilang, Surabaya, Senin, 3 Oktober 2022.

Perjalanan karier militer Mardiono untuk sampai di pangkatnya saat ini terbilang unik. Pasalnya, tak banyak dari prajurit yang bisa mencapai posisinya saat ini dari Tamtama.

Bahkan, Letkol Mar Mardiono tercatat sebagai satu-satunya lulusan Pendidikan Calon Tamtama (Dikcatam) Korps Marinir TNI AL 1983/1984 yang bisa menyandang pangkat Letkol. Seorang Perwira Menengah (Pamen) dengan melati dua di pundak.

Perjalanan kariernya itu membuat Mardiono mendapat julukan sebagai "Tentara Empat Zaman" yang mampu melalui perjalanan mulai dari Tamtama, Bintara, Perwira Pertama (Pama), hingga Perwira Menengah (Pamen).

Karier cemerlang Mardiono sudah terlihat cemerlang sejak mengikuti pendidikan di sekolah Bintara Reguler Angkatan 21 gelombang 2, pada 1991-1992. Ketika itu, Mardiono mendapatkan kenaikan pangkat dari Kopda langsung menjadi Serda.

Kariernya terus melonjak pada 2003-2004, di mana Letkol Mar Mardiono yang berpangkat Serka kembali naik pangkat menjadi Perwira dengan pangkat Letnan Dua (Letda).

"Tentunya dengan mengikuti pendidikan calon perwira dengan nama Dikcapa Reguler Angkatan 33 yang dikenal sebagai Samdalas atau Samudera 12. Dari pangkat Letda, Lettu, Kapten, Mayor, dan kini Letkol Marinir," katanya, Selasa (4/10/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)