Belajar dari Kasus Lukas Enembe, Tokoh Muda: Pemimpin Papua ke Depan Harus Di-screening

Minggu, 02 Oktober 2022 - 21:39 WIB
loading...
Belajar dari Kasus Lukas Enembe, Tokoh Muda: Pemimpin Papua ke Depan Harus Di-screening
Ketua Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua, Ali Kabiay. Foto: Istimewa
A A A
JAYAPURA - Kasus korupsi yang diduga dilakukan Gubernur Papua, Lukas Enembe harus dijadikan pelajaran, terutama bagi masyarakat Papua dalam memilih pemimpin ke depan.

Pasalnya, tindak pidana semacam ini dapat mengancam stabilitas keamanan masyarakat, membahayakan pembangunan sosial ekonomi dan politik, serta merusak nilai-nilai demokrasi dan moralitas.

Baca juga: Tokoh Agama di Papua Minta Lukas Enembe Kooperatif untuk Diperiksa KPK

Fenomena korupsi ini membuat masyarakat hilang kepercayaan terhadap pemerintah, sebab pelaku korupsi telah mengambil hak-hak rakyat secara paksa.

Tokoh muda Papua, Ali Kabiay pun meminta agar ke depan, rekrutmen para pemimpin di wilayah Papua untuk menduduki jabatan-jabatan negara harus melalui proses screening dan seleksi ketat.



“Kita harus melakukan screening kepada para calon pemimpin di Papua, yaitu screening ideologi, screening penggunaan anggaran, dan screening moralitas,” ungkap Ketua Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua ini, di Jayapura, Minggu, (2/10/2022).

Melalui tiga tahapan screening itu, lanjut Ali, kita dapat mengetahui apakah mereka benar-benar mencintai NKRI atau tidak. Berikutnya, bagaimana mereka dapat menggunakan anggaran dengan baik, serta bagaimana moralitas mereka.

Baca juga: Keluarga dan Massa Pendukung Tak Izinkan Lukas Enembe Berobat ke Jakarta

‘’Moralitas ini berkaitan dengan ketuhanan, sehingga mereka bisa menjadi pemimpin yang amanah, dan bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah. Pemimpin di Papua itu tidak boleh melawan sama pemerintah pusat,’’ tegas Ali.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2051 seconds (11.210#12.26)