Ratusan Remaja Antusias Daftar Rekrutmen Tamtama Polri di Polda Jateng

Jum'at, 30 September 2022 - 06:05 WIB
loading...
Ratusan Remaja Antusias Daftar Rekrutmen Tamtama Polri di Polda Jateng
Ratusan remaja antusias mendaftar rekrutmen Tamtama Polri di Polda Jateng, Kamis (29/9/2022). Saat ini rekrutmen memasuki tahap pemeriksaan kesehatan. Foto: MPI/Angga Rosa
A A A
SEMARANG - Animo kalangan remaja di Jawa Tengah untuk menjadi anggota Polri cukup tinggi. Buktinya, sebanyak 635 orang pendaftar lolos verifikasi administrasi dan berhak mengikuti rangkaian seleksi yang dilaksanakan, 12 September hingga 16 November 2022 mendatang.

Dalam seleksi yang dilaksanakan dengan menggunakan sistem gugur ini, para peserta Jateng bersaing dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia untuk mengisi lowongan 1.500 tamtama Brimob dan 100 tamtama polisi perairan dan udara (polairud).

Baca juga: 3 Saksi Pembunuhan ASN Pemkot Semarang Minta Perlindungan LPSK

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyatakan, untuk pendaftar di tingkat Jateng tercatat 596 remaja mendaftar untuk lowongan Tamtama Brimob dan 39 remaja mendaftar lowongan Tamtama Polairud.

"Sejak 12 September lalu, para peserta mengikuti seleksi administrasi l. Dari 635 peserta, 599 dinyatakan lolos. Para peserta yang lolos saat ini mengikuti tes kesehatan tahap l di Poliklinik Bhayangkara di Sendangmulyo, Kota Semarang," katanya, Kamis (29/9/2022)



Dia pun merinci, sejumlah tahapan tes harus dilalui para peserta seleksi sebelum akhirnya dinyatakan lulus. Sejumlah tahapan tersebut antara lain, pemeriksaan administrasi awal, tes kesehatan I, tes psikologi I, CAT akademik, tes kesamaptaan jasmani, sidang menuju tes kesehatan II.

Kemudian tes kesehatan ll, tes psikologi ll, pemeriksaan administrasi akhir, supervisi dan sidang kelulusan akhir. "Polda Jateng menjamin, seluruh rangkaian seleksi dilakukan secara bersih, transparan dan akuntabel. Tidak ada toleransi pada pelaku percaloan maupun pelaku kecurangan. Bila terbukti akan diproses pidana," tegasnya.

Baca juga: Kisah Miris Warga Ringinarum Kendal Menantang Maut Seberangi Sungai

Iqbal menyatakan, seleksi penerimaan anggota Polri secara rutin dibuka setiap tahun. "Ada jenjang perwira yaitu jalur Akpol dan SIPSS, jenjang Bintara dan jenjang Tamtama," tuturnya.

Untuk itu, dia meminta setiap remaja yang ingin menjadi anggota Polri untuk mempersiapkan diri sejak dini. Para peminat disilahkan menanyakan jadwal pembukaan seleksi di kantor Polsek dan Polres terdekat atau langsung membuka laman internet di alamat penerimaan.polri.go.id

"Bila ingin melihat pembukaan seleksi anggota polri, Silahkan buka laman resminya atau bisa langsung ditanyakan ke kantor polisi terdekat," terangnya.

Para pelaku curang, tegas dia, dipastikan akan langsung didiskualifikasi dan diproses sesuai hukum yang berlaku. "Polri selalu mengedepankan seleksi yang bersih, transparan dan akuntabel," pungkasnya.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2414 seconds (11.97#12.26)