Bupati Edi Langkara Serahkan Bantuan dan Resmikan Proyek Infrastruktur

Rabu, 28 September 2022 - 16:49 WIB
loading...
Bupati Edi Langkara Serahkan Bantuan dan Resmikan Proyek Infrastruktur
Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara menyerahkan bantuan secara simbolis, Selasa (27/9/2022).
A A A
WEDA - Capaian akselerasi pembangunan daerah sebagai sasaran pembangunan secara makro dan mikro, yang menjadi representasi keberhasilan pembangunan daerah, sekaligus menjadi indikator utama pencapaian pembangunan jangka menengah Kabupaten Halmahera Tengah tahun 2017-2022.

Demikian dikatakan Bupati Hakmahera Tengah Edi Langkara dalam sambutan peresmian proyek dan penyerahan bantuan ekonomi dan sosial.

Menurutnya, arah dan sasaran pembangunan Kabupaten Halmahera Tengah berdasarkan misi dalam kurun waktu lima tahun dijabarkan dalam setiap misi pembangunan dengan mengusung tema pembangunan daerah Halmahera Tengah berdasarkan karakteristik wilayah.

"Prioritas pembangunan Kabupaten Halmahera Tengah sesuai misi membangun infrastruktur Dasar, pemukiman dan konetivitas wilayah diarahan untuk mempermudah akses masyarakat meningkatkan ketersediaan dan kualitas kebutuhan listrik,pemukiman dan rumah sehat,perbaikan system sanitasi membangun kota sebagai pusat pemerintahan, peyanan jasa dan ekonomi," tuturnya.

Edi Langkara melanjutkan, peresmian pembangunan infrastruktur untuk konektivitas, bantuan ekonomi dan sosial adalah guna mempercepat akses perputaran arus barang dan jasa serta memperpendek rentang kendali dan ketimpangan sosial.

"Sementara bantuan ekonomi bidang perikanan, pertanian serta industri kecil dan menengah untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan pendapatan masyarakat dan menekan angka kemiskinan, serta pembanguan fasilitas kesehatan untuk mendorong pelayanan kesehatan yang optimal dan berkualitas. Hal itu merupakan sasaran kinerja dan capaian indikator arah kebijakan Program dan akselerasi pembangunan daerah dalam mewujudkan misi Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Tengah yang tertuang dalam RPJMD," paparnya.

Pada kesempatan itu Bupati Edi meresmikan dan menandatangani prasasti peresmian proyek pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan wilayah kecamatan Patani- Patani Utara dan Patani Timur yaitu Jembatan Gowonli Kecamatan Patani Timur, penguatan industri masyarakat, yaitu gedung industri sagu di Desa Moreala Kecamatan Patani Barat.

Selain penyediaan fasilitas pelayan kesehatan berupa Pembangunan Puskesmas Gemia yang merupakan puskesmas rawat jalan, sehingga dapat melakukan upaya-upaya pengobatan, dalam rawat jalan bagi masyarakat, yang membutuhkan, yang bisa dilakukan di tingkat puskesmas sebelum dibawah ke rumah sakit.

"Hal ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam menjalankan visi misi kami sebagai amanat rakyat Kabupaten Halmahera Tengah periode 2018-2022, sesuai dengan misi ke empat, '’Mewujudkan Pelayanan Pendidikan Dan Kesehatan Yang Merata dan Bermutu’," ujarnya.

Edi mengatakan program prioritas yang bersifat strategis daerah selain menggunakan pendekatan sektoral sesuai urusan juga menggunakan pendekatan spasial dengan pembagian tiga gerbang wilayah pengembangan (Weda dengan lima Kecamatan dan Kawasan Patani dengan empat kecamatan serta Kecamatan Pulau Gebe) yang difokuskan sesuai potensi utama disetiap gerbang untuk menjamin pemerataan diseluruh di wilayah Kabupaten Halmahera Tengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)