Bupati Edi Langkara Resmikan Proyek Infrastruktur dan Beri Bantuan ke Warga Sejumlah Kecamatan

Rabu, 28 September 2022 - 13:23 WIB
loading...
Bupati Edi Langkara Resmikan Proyek Infrastruktur dan Beri Bantuan ke Warga Sejumlah Kecamatan
Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara dan jajaran Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah melanjutkan memberikan bantuan sosial dan ekonomi di Kecamatan Patani-Patani Utara dan Patani Timur.
A A A
WEDA - Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara dan jajaran Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah melanjutkan memberikan bantuan sosial dan ekonomi di Kecamatan Patani-Patani Utara dan Patani Timur.

“Hari ini saya meresmikan Puskesmas Gemia sekaligus peresmian proyek pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Patani- Patani Utara dan Patani Timur serta penandatanganan prasasti jembatan Gowonli Kecamatan Patani Timur dan gedung industri sagu di Desa Moreala Kecamatan Patani Barat,” ujar Edi Langkara, Selasa (27/9/2022).

Bupati Edi Lankara menambahkan peresmian pembangunan, infratruktur konektivitas, bantuan ekonomi dan sosial guna mempercepat akses perputaran arus barang dan jasa serta memperpendek rentang kendali dan ketimpangan sosial.

"Sementara bantuan ekonomi bidang perikanan, pertanian serta industri kecil dan menengah utk mengoptimalkan pertumbuhan dan pendapatan masyarakat dan menekan angka kemiskinan serta pembanguan fasilitas kesehatan untuk mendorong pelayanan kesehatan yang optimal dan berkualitas yang merupakan sasaran kinerja dan capaian indikator arah kebijakan Program dan akselerasi pembangunan daerah. Dalam upaya mewujudkan misi Bupati dan wakil bupati yang tertuang dalam RPJMD," tuturnya.

Sedangkan Puskesmas Gemia ini merupakan puskesmas rawat jalan agar apat melakukan upaya pengobatan, dalam rawat jalan bagi masyarakat yang membutuhkan yang bisa dilakukan di tingkat puskesmas sebelum dibawa ke rumah sakit, apabila memerlukan perawatan dari dokter spesialis.
Bupati Edi Langkara Resmikan Proyek Infrastruktur dan Beri Bantuan ke Warga Sejumlah Kecamatan

“Alhamdulillah hari ini, saya resmikan. Sudah tentu merupakan komitmen Pemkab Halmahera Tengah daerah dalam menjalankan visi misi kami menjalankan amanat rakyat Kabupaten Halmahera Tengah priode 2018-2022. Sesuai dengan misi ke empat, 'Mewujudkan Pelayanan Pendidikan Dan Kesehatan Yang Merata dan Bermutu',’’ ujar Edi Langkara.

Bupati Edi mengingatkan kepada pengelola puskesmas dan masyarakat untuk memelihara sarana dan prasarana puskesmas dengan sebaik-baiknya, terutama menjaga kebersihan, agar dapat terus dimanfaatkan secara optimal dan berkesinambungan. Total nilai bantuan puskesmas tersebut Rp15,7 miliar.

Program-program strategis telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Wilayah Patani mulai dari Kecamatan Patani Barat sampai Patani Timur maupun Wilayah Kecamatan Pulau Gebe, Serta Wilayah Weda, antara lain jalan hotmix dalam ibu kota Kecamatan Patani Barat serta Ruas Sif-Patani, Patani-Gemia-Tepeleo-Sakam dengan total nilai Rp125 miliar, jalan sepanjang 45,749 km, serta jembatan Gowonli dengan nilai Rp13 miliar dengan bentangan 50 meter.

"Sementara jalan hotmix Ibu Kota Kecamatan Pulau Gebe dengan total nilai Rp47 miliar dengan panjang 17.250 km, sementara jalan hotmix untuk wilayah Weda mulai dari Weda Selatan, Kota Weda sampai dengan Weda Timur dengan nilai Rp. 45 miliar dengan panjang jalan 10.328 km," jelasnya.

Prasarana olah raga dan GOR Fagogiru juga mendapat bantuan dari pemkab Halmahera tengah dengan total nilai Rp. 146 miliar. Sedangkan bantuan ekonomi yang diberikan pemkab Halmahera Tengah dengan nilai total Rp. 30,14 miliar. Bantuan ekonomi tersebut berupa bantuan sentra IKM Sagu di Moreala, pembangunan tapak swering belakang pasar Fagogoru (Pasar Kuliner Muara Fidy), pembangunan Pasar Lelilef, fasilitas bantuan IKM dan home industry.

Selain itu Edi Langkara memberikan bantuan nelayan di wilayah Patani berupa bantuan mesin motor tempel 15 PK berjumlah 59 unit, bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan (jaring), sarana prasarana keselamatan pelayaran (Life Jacket) 106 unit.

Bantuan Pertanian yang diberikan Pemkab Halmahera Tengah berupa handraktor zena 8 unit, pengering cengkeh 5 unit, bibit pala 200 anakan dan mesin sensor 5 unit.

Dalam akhir sambutannya Bupati Edi Langkara mengharapkan bantuan ekonomi pada saatnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan memacu pertumbuhan ekonomi wilayah kawasan Patani.
(ars)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1873 seconds (11.252#12.26)