Pemkab Halmahera Tengah Berikan Bantuan Sosial dan Ekonomi Sebesar Rp4 Miliar Lebih

Senin, 26 September 2022 - 12:53 WIB
loading...
Pemkab Halmahera Tengah Berikan Bantuan Sosial dan Ekonomi Sebesar Rp4 Miliar Lebih
Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah menyerahkan bantuan sosial dan ekonomi kepada pelaku usaha dan masyarakat di wilayah Weda, bertempat di Pasar Kuliner Muara Fidi, Weda, Jumat (16/9/2022).
A A A
WEDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah menyerahkan bantuan sosial dan ekonomi kepada pelaku usaha dan masyarakat di wilayah Weda, bertempat di Pasar Kuliner Muara Fidi, Weda, Jumat (16/9/2022).

Bantuan sosial dan ekonomi diserahkan simbolis secara langsung oleh Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara dan diampingi oleh Wakil Bupati Abd Rahim Odeyani, Sekretaris Daerah Yanto M Asri. Serta disaksikan oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Halmahera Tengah, jajan pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah juga oleh Tokoh Masyarakat dan masyarakat umum.

Pasar Kuliner Muara Fidi merupakan salah satu bagian terpenting dalam pergerakan ekonomi di ibu kota kabupaten untuk mendorong usaha kecil dan menengah dalam perputaran ekonomi untuk menjawab kebutuhan pasar terhadap Warga yang bekerja di PT. IWIP maupun perusahaan – perusahaan tambang yang beroperasi di kabupaten Halmahera Tengah serta warga sekitar.

Pada kesempatan tersebut bantuan sosila dan ekonomi yang diserahkan pun tidak tanggung tanggung lebih dari 4 miliar diberikan kepada warga dari Kecamatan Weda, Kecamatan Weda Selatan, Kecamatan Weda Utara, Kecamatan Weda Tengah dan Kecamatan Weda Timur. Sedangkan untuk wilayah Patani akan diserahkan pada kunjungan berikutnya.

Dari total bantuan Rp4 miliar tersebut, sebanyak Rp2,5 miliar dari Dinas Perikanan untuk pengadaan mesin motor tempel 15 PK sebanyak 52 unit, yang tersebar diantaranya Kecamatan Weda 12 unit, Weda Selatan 7 unit, Weda Utara 9 unit, kecamatan Weda Tengah 12 unit dan Weda Timur 12 unit.

Sementara pengadaan alat tangkap ikan sebanyaj 46 paket di 46 kelompok dengan anggaran Rp500 juta yang tersebar di Kecamatan Weda 12 Unit, Weda Selatan 8 unit, Weda Utara 10 unit, Weda Tengah 8 unit dan Weda Timur 8 unit.

Ada juga bantuan life jacket 82 paket di 82 kelompok yang tersebar di Kecamatan Weda 12 unit, Kecamatan Weda Selatan 7 unit, Kecamatan Weda Utara 9 unit, Weda Tengah 12 unit, Weda Timur 12 unit dengan anggaran Rp300 juta.

Sementara bantuan UMKM dan Home Industri sebanyak 24 paket untuk 25 kelompok, yang tersebar di Kecamatan Weda 6 Unit, Weda Selatan 6 unit, Weda Utara 5 unit, weda Tengah 1 unit dan Weda Timur 6 unit dengan anggaran Rp148,35 juta.

Kemudian bantuan bagi Petani seperti mesin pertanian sebanyak 16 unit di 16 kelompok, yang tersebar di Kecamatan Weda 1 unit, Weda Selatan 9 unit, Weda Utara 2 unit, Weda Tengah 1 unit dan Weda Timur 3 unit dengan anggaran Rp785 juta.

“Hal yang sama pada bantuan Sosial Usaha Produktif Weda Kota sebanyak 10 penerima dengan rincian 6 Kelompok Usaha Kue, 1 Usaha Tela Pres dan 3 orang usaha Penjual Ikan. Kecamatan Weda Selatan 2 kelompok usaha Kue, Weda Timur 2 Kelompok Usaha Perbengkelan dan 1 kelompok Usaha kue. Weda Utara 3 kelompok, 1 usaha perbengkelan, 1 Usaha Kue dan 1 Usaha Pertukangan dengan total anggaran Rp.225 Juta,” tambahnya.

Bupati mengharapkan bantuan ekonomi dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan memacu pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya. “Saya berharap kepada pengelolah untuk tetap menjaga, memelihara, dan meningkatkan sarana prasarana yang kita bangun ini,” ujar Edi Langkara.
(ars)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1248 seconds (10.55#12.26)