Tingkatkan Pelayanan Adminduk, Bupati Belitung Timur Raih Penghargaan KDI 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 08:05 WIB
loading...
A A A
KP Dukcapil-SELINA semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kependudukan, tanpa perlu lagi mendatangi kantor Disdukcapil. Selain itu, ada juga layanan bangkit berdaya online dan aplikasi Simpor, yang digunakan sebagai alat komunikasi digital antar stakeholder dalam melaksanakan pengawasan pembangunan.
Tingkatkan Pelayanan Adminduk, Bupati Belitung Timur Raih Penghargaan KDI 2022

Bupati Belitung Timur bersama Agung Firman Sampurna, tamu undangan, dan kepala daerah lainnya. (Foto: MNC Portal Indonesia)

Dengan inovasi KP Dukcapil-SELINA, Bupati Belitung Timur Burhanudin pun berhasil mendapatkan apresiasi pada penghargaan KDI 2022 dalam kategori Pelayanan Publik. Terkait hal itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan jika masa Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa, betapa susahnya melakukan tata kelola pemerintahan daerah.

“Maka dalam kondisi yang sangat penuh tantangan ini ketika kita menemukan ada Gubernur inovatif, ada bupati inovatif, ada wali kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan,” kata Mendes.

Seperti diketahui, penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 merupakan apresiasi yang diberikan MNC Portal Indonesia dan Koran SINDO kepada para kepala daerah berprestasi. KDI digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah pada 2014. Kemudian, digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada 2015, sedangkan pada 2016 di Bandung, Jawa Barat.

Kemudian, KDI 2017 dilangsungkan di Jakarta, dan pada 2018 KDI kembali dihelat di Makassar, Sulawesi Selatan, hingga berlanjut ke Padang, Sumatera Barat pada 2019. Sementara itu, pada pada 2020 dan 2021 digelar secara virtual karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Kali ini, KDI digelar Semarang, Jawa Tengah dengan mengusung tema Inovasi untuk akselerasi kemajuan daerah menyongsong era society 5.0. Terdapat lima kategori penghargaan yang diberikan, yakni pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan dan Pendidikan.
(srf)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1064 seconds (10.177#12.26)