Inovasi SiPelanduk Kilat Smart Hantarkan Gubernur Kaltara Raih Kepala Daerah Inovatif 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 02:04 WIB
loading...
Inovasi SiPelanduk Kilat Smart Hantarkan Gubernur Kaltara Raih Kepala Daerah Inovatif 2022
Kadis Disdukcapil Provinsi Kalimantan Utara Sanusi mewakili Gubernur Kalimantan Utara menerima Penghargaan KDI 2022.
A A A
SEMARANG - Berkat langkah jitu dalam peningkatan pelayanan di bidang kependudukan melalui program Sipelanduk Kilat Smart, Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang meraih penghargaan dalam ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Pelayanan Publik.

Penghargaan diterima Kadis Disdukcapil Provinsi Kalimantan Utara Sanusi mewakili Gubernur Kalimantan Utara dalam acara Malam Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif ‘KDI’ 2022. Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan di Wilayah Pedalaman dan Perbatasan (SiPelanduk Kilat Smart) yang diterapkan Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Utara ini.

SiPelanduk Kilat Smart merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat pedalaman dan perbatasan, untuk memperoleh pelayanan administrasi kependudukan, serta menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik dan bebas pungutan liar. Berkat inovasi berbasis digital Sipelanduk Kilat Smart inilah Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang berhasil meraih penghargaan KDI 2022.

“ Saya mewakili Gubernur Kalimantan Utara mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif 2022 ini. Kami meraih apresiasi dalam kategori di bidang pelayanan publik yaitu inovasi yang telah kami lakukan adalah program Sipelanduk Kilat Smar. Terima kasih juga kepada Kota Semarang sudah menjadi Kota untuk ajang Kepala Daerah Inovatif ini,” ucap Kadis Disdukcapil Provinsi Kalimantan Utara Sanusi pada malam puncak Penghargaan KDI 2022 di Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022) malam.
Inovasi SiPelanduk Kilat Smart Hantarkan Gubernur Kaltara Raih Kepala Daerah Inovatif 2022


Pelayanan Disdukcapil Bebas Pungli
Dengan adanya SiPelanduk Kilat Smart seluruh masyarakat di Provinsi Kaltara terutama di daerah perbatasan dan pedalaman bisa langsung berurusan dengan Disdukcapil. Masyarakat hanya cukup di rumah saja sudah bisa mendapatkan layanan kependudukan yang dibutuhkan.

Beberapa layanan di antaranya adalah Penjelajah SiPelanduk Kilat merupakan layanan yang diperuntukan warga rentan langsung di rumah yang bersangkutan. Lalu ada SiPelanduk Kilat Terpadu yang merupakan layanan terpadu kerja sama dengan Pengadilan Agama serta Kemenag terkait sidang isbat, penerbitan buku nikah, dan dokumen lainnya.

Meskipun kondisi di wilayah Kaltara masih ada beberapa area blank spot, namun hal ini bukan merupakan hambatan. Pasalnya, pemberlakukan KTP Digital tidak langsung menghilangkan fungsi utama KTP Elektronik yang selama ini dimiliki warga secara fisik.

Meskipun inovasi yang dilakukan sederhana, tetapi memiliki dampak yang besar kepada masyarakat luas. Seperti masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

SiPelanduk Kilat Smart seluruh masyarakat di Provinsi Kaltara terutama di daerah perbatasan dan pedalaman bisa langsung berurusan dengan Disdukcapil.

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Pelayanan Publik, yang diraih tersebut tidak lepas dari program inovatif yang dilakukan Zainal.

Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna pun menyampaikan apresiasi terhadap inovasi yang telah dilakukan oleh Gubernur Zainal beserta jajaran Pemerintah Provinsi Kaltara.

“Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, ” katanya pada malam puncak KDI 2022.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan, kita bersama tentu berharap, anugerah inovatif ini menjadi catatan penting bagi tumbuh suburnya inovasi di daerah dan desa-desa, yang dapat mempercepat pembangunan nasional yang dimulai dari desa.

"Selamat kepada semua kepala daerah yang mendapatkan anugerah inovasi pada dari MNC Portal Indonesia pada tahun 2022," ujarnya.

KDI merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia dan KORAN SINDO yang memberikan ruang bagi kepada kepala daerah menuju kemajuan nasional. Event ini digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah (2014), Makassar, Sulawesi Selatan (2015), Bandung, Jawa Barat (2016), DKI Jakarta (2017), Makassar, Sulawesi Selatan (2018), Padang, Sumatera Barat (2019), secara virtual karena masih dalam situasi pandemi (2020 dan 2021), dan Semarang, Jawa Tengah (2022).

Pada ajang KDI 2022 yang bertema Inovasi Untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong era Society 5.0, ini terdapat lima kategori penghargaan yakni pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan, dan Pendidikan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.
(srf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1894 seconds (11.252#12.26)