BIN Ajak BI dan DPRD Keerom Dukung Program Pemuda Inspiratif

Kamis, 22 September 2022 - 14:18 WIB
loading...
BIN Ajak BI dan DPRD Keerom Dukung Program Pemuda Inspiratif
BIN ajak DPRD Kabupaten Keerom dan BI Perwakilan Papua mendukung program kerja PMI dalam ketahanan pangan. Ketahanan pangan ini dalam upaya mensejahterakaan masyarakat di Papua. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAYAPURA - Badan Intelijen Negara (BIN) mendorong DPRD Kabupaten Keerom dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua mendukung program kerja Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam ketahanan pangan. Ketahanan pangan ini dalam upaya mensejahterakaan masyarakat di Papua.

Ketua DPRD Kabupaten Keerom, Bambang Mujiono mengatakan, pihaknya akan mendorong berbagai dinas di Pemkab Keerom untuk bersinergi dalam program kerja PMI. Bambang pun akan mendorong adanya anggaran untuk PMI, di antaranya anggaran untuk ketahanan pangan dibidang perkebunan, perikanan, dan program kerja lainnya.

"Support kami adalah dari sisi penganggaran dan dengan menggerakan seluruh sektor yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program di PMI," kata Bambang di Wai Mhorock, Kecamatan Abepura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (22/9/2022).

Bambang menyampaikan dukungan itu usai bertemu Deputi IV Bidang Ekonomi BIN Gde Made Kartikajaya dan PMI, beserta jajarannya. PMI merupakan binaan BIN untuk mewadahi anak muda agar mengembangkan ide kreatifnya membangun Papua sehingga terwujud percepatan kesejahteraan di Bumi Cendrawasih tersebut.

Menurut Bambang, Presiden Joko Widodo juga mendorong di daerah Keerom untuk mengembangkan food estate. Program PMI yang dibina BIN sangat relevan dengan apa yang menjadi tanggung jawab Keerom, terutama pada penanaman jagung dan produk hasil pengolahannya.

"Kebetulan di Kabupaten Keerom juga mendapatkan program dari Presiden Jokowi untuk pengembangan food estate lahan jagung seluas 3.000 hektare," ujarnya.

Kepala Perwakilan BI Papua Juli Budi Winantya siap mendukung program PMI, terutama dalam menjalankan ketahanan pangan. Namun BI belum menyampaikan jenis dukungan kepada PMI. Saat ini masih dalam penjajakan program yang sesuai dengan jenis bantuan.

"Belum terlalu bisa detail bantuannya. Kami juga harus pelajari, tapi keyword-nya kita support PMI yang dibina BIN karena sejalan untuk memberdayakan ekonomi dan ketahan pangan di Papua," tegasnya.

BI akan out put membantu program PMI di bidang perikanan, perkebunan, dan lainnya sehingga bisa membantu keuangan masyarakat. Tujuannya agar daya beli masyarakat meningkat dan tingkat inflasi bisa diminimalisir.

Menurut Juli, BI mempunyai tugas mengendalikan inflasi. "Dari sisi kami bagus karena kami bertanggung jawab ke pengendalian inflasi, pengendalian harga-harga, terutama harga pangan," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)