Pemprov Jawa Timur Siapkan Strategi Penganggaran Pengadaan Mobil Listrik

Senin, 19 September 2022 - 07:32 WIB
loading...
Pemprov Jawa Timur Siapkan Strategi Penganggaran Pengadaan Mobil Listrik
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. (Ist)
A A A
SURABAYA - Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 7 tahun 2022 terkait percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Terkait hal ini, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyatakan kesiapan Jatim melaksanakan instruksi tersebut. Tentunya setelah ada regulasi tindak lanjut.

Pemprov Jatim akan bersinergi dengan pihak terkait untuk segera menyesuaikan kendaraan dinas operasional dan kendaraan perorangan di lingkungan Pemprov Jatim untuk dikonversi ke kendaraan listrik.

"Intinya kami siap. Selama ini kami memang sudah coba mengidentifikasi. Dan dengan adanya inpres ini kami siap untuk melakukan penyiapan penggunaan kendaraan listrik,” tegasnya di sela sela kunjungan kerjanya di Jember, Minggu (18/9/2022).

Menurut Khofifah, hal ini penting dilaksanakan untuk mencapai cita-cita besar Indonesia tentang emisi karbon. Yakni visi net zero emissions pada 2060.

"Cita-cita nol emisi karbon ini harus disusun langkah strategisnya mulai sekarang. Nanti seterusnya, generasi selanjutnya yang akan meneruskan dan menikmati hasilnya. Mudah-mudahan ini bisa menjadi amal jariyah kita mewariskan lingkungan yang lebih sehat dan bersih kepada dunia," imbuhnya.

Baca: Rebut Hati Rakyat, DPD Partai Perindo Labuhanbatu Utara Optimistis Raih 1 Fraksi.

Lebih jauh, Khofifah menjelaskan bahwa regulasi atau kebijakan untuk mendukung Inpres ini akan segera disusun. Untuk itu, pihaknya akan melakukan kajian dan koordinasi utamanya terkait standar biaya untuk dimasukkan dalam penganggaran.

"Pokoknya kami siap menindaklanjuti Inpres ini. Insya Allah, dimulai dari Pemprov Jatim dan pemerintah di kabupaten/kota dulu, secara bersamaan masyarakat akan mengikuti dengan sendirinya," terangnya.

Baca Juga: Miris! Harga Kopra Anjlok, Petani Rugi Puluhan Juta.

Selain itu, Khofifah berharap dapat bersinergi dengan perguruan tinggi di Jatim dalam mengembangkan kendaraan listrik ini. “Kami berharap adanya keterlibatan perguruan tinggi dalam mengembangkan kendaraan listrik sebagai bentuk tindak lanjut dalam instruksi presiden tersebut," harapnnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1832 seconds (11.210#12.26)