8 Jam Lebih Api Masih Berkobar Hanguskan Pabrik Kertas di Malang

Sabtu, 17 September 2022 - 00:09 WIB
loading...
8 Jam Lebih Api Masih Berkobar Hanguskan Pabrik Kertas di Malang
Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api yang membakar pabrik kertas di Malang.
A A A
MALANG - Delapan jam api masih membakar pabrik kertas dan plastik di Malang. Pemadam kebakaran (damkar) sendiri mengerahkan 15 unit mobil damkar, dari Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, dan beberapa perusahaan swasta di Malang.

Pantauan di lapangan, api masih terlihat di bangunan belakang pabrik pukul 22.50 WIB. Petugas pemadam kebakaran gabungan masih berupaya melakukan pemadaman. Sementara mobil tangki dari damkar terlihat berkali-kali keluar masuk lokasi untuk menyuplai air.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang Goly Karyanto mengatakan, titik api yang belum padam dikarenakan adanya bahan-bahan mudah terbakar yang tersimpan di dalam area pabrik.

Baca juga: Pabrik Kertas di Malang Terbakar Hebat, Petugas Damkar Kewalahan Padamkan Api

"Titik api susah padam karena yang terbakar material kertas dan plastik," ucap Goly Karyanto, saat dikonfirmasi MNC Portal, Jumat malam (16/9/2022).

Hal ini diperparah dengan sumber air yang jauh membuat petugas pemadam kebakaran harus bolak-balik untuk mengambil dari luar area pabrik. Hal ini membuat titik api sulit padam.

"Kesulitannya sumber air cukup jauh, yang terbakar pabrik kertas mudah terbakar. Jadi air tidak boleh putus harus continue, kalau air putus akan muncul sumber api lagi," ungkap dia.

Total dikatakan Goly hingga Jumat malam pukul 22.50 ada 15 unit mobil damkar terdiri dari damkar Kabupaten Malang sebanyak 8 unit, Kota Malang sebanyak empat unit, termasuk dua unit mobil tangki, dua unit damkar dari Kota Batu, dan satu mobil damkar dari PT Wasetra.



Sebelumnya diberitakan, kebakaran dahsyat menghanguskan pabrik kertas CV Kurnia Jaya yang ada di Desa Pandalandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Kebakaran dilaporkan terjadi sejak pukul 13.30 WIB Jumat siang. Namun akibat area pabrik yang terbakar cukup luas dan banyaknya bahan mudah terbakar membuat petugas mengerahkan 15 unit mobil damkar gabungan.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1888 seconds (11.97#12.26)