Ritual Bercinta Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul Membawa Kerajaan Mataram Kuasai Jawa

Jum'at, 16 September 2022 - 08:03 WIB
loading...
Ritual Bercinta Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul Membawa Kerajaan Mataram Kuasai Jawa
Kejayaan Kerajaan Mataram tak bisa dilepaskan dari peran Panembahan Senopati. Raja Mataram ini berhasil mewujudkan ramalan Sunan Giri dan menguasai Pulau Jawa Foto ilustrasi SINDOnews
A A A
Kejayaan Kerajaan Mataram tak bisa dilepaskan dari peran Panembahan Senopati. Raja Mataram ini berhasil mewujudkan ramalan Sunan Giri dan menguasai Pulau Jawa. Mataram pun muncul sebagai kerajaan besar di masanya.

Konon Panembahan Senopati dalam mewujudkan kejayaan Mataram melalui dua langkah, yaitu konvensional dan didukung dengan cara supranatural. Hal ini dikisahkan pada buku "Tuah Bumi Mataram : Dari Panembahan Senopati Hingga Amangkurat II" tulisan Peri Mardiyono.Baca juga: Kemegahan Istana Mataram di Plered, Ada Danau Buatan hingga Bangunan Mewah



Sosok supranatural Ratu Kidul tak bisa dilepaskan dari andil kejayaan Mataram. Ya Panembahan Senopati berkoalisi dengan Ratu Kidul, sang lelembut legendaris penguasa Laut Selatan Jawa. Bahkan konon bukan hanya Panembahan Senopati saja yang berkomunikasi dengan Ratu Kidul, raja-raja Mataram yang memimpin lainnya pun juga demikian.

Bahkan kepercayaan berkomunikasi dan mendekat ke Ratu Kidul masih melekat di masyarakat Mataram. Sosok Ratu Kidul bukanlah sosok fiktif atau mitologis, melainkan sosok nyata, tetapi tidak bisa benar-benar dilihat keberadaanya oleh orang awam.

Guna bisa bertemu dengannya ada semacam ritual dan langkah khusus, seperti halnya yang dilakukan oleh Panembahan Senopati dan raja-raja Mataram lainnya.

Dikisahkan pada Babad Tanah Jawi, bahkan pertemuan antara Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul, membuat sang Raja Mataram ini terpesona dengan kecantikan sang ratu. Senopati juga terkesan dengan kemegahan istana bawah laut sang ratu. Hingga akhirnya Panembahan Senopati diajak Ratu Kidul ke kamar tidurnya di dalam istana. Baca juga: Kisah Mpu Sindok, Pendiri Kerajaan Medang Mataram yang Memindahkan Pusat Pemerintahan ke Jawa Timur

Selama tiga hari tiga malam, Panembahan Senopati tinggal di Istana Kanjeng Ratu Kidul, Panembahan Senopati bahkan menjalani ritual bercinta melakukan hubungan intim dengan Ratu Kidul, serta bermesra-mesraan. Selama tiga hari tiga malam itulah, Panembahan Senopati juga diberi petunjuk oleh sang ratu, untuk menjadi seorang raja yang kuat dan memimpin segala umat manusia dan jin.

Dari wejangan dan petunjuk inilah, konon Panembahan Senopati berhasil membangun Kerajaan Mataram menguasai Jawa. Bahkan Mataram juga berhasil menguasai aspek supranatural para penguasa Jawa.

Ratu Kidul juga siap membantu Panembahan Senopati dan anak turunnya dalam memimpin Kerajaan Mataram. Jadi terlihat bagaimana konon sang penguasa laut selatan ini tak bisa dilepaskan dari kejayaan Mataram.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1706 seconds (11.252#12.26)