Kapal Ikan Terbalik di Laut Arafura, Australia Kerahkan Pesawat Bantu Operasi SAR

Jum'at, 16 September 2022 - 06:39 WIB
loading...
Kapal Ikan Terbalik di Laut Arafura, Australia Kerahkan Pesawat Bantu Operasi SAR
Kapal ikan terbalik di Laut Arafura, untuk mencari korban Australia mengerahkan pesawat bantu operasi SAR. Foto: Istimewa
A A A
MERAUKE - Satu unit kapal ikan dilaporkan tenggelam di laut Arafura berjarak sekitar 276 km dari Dermaga Merauke ke arah barat daya.

Berdasarkan informasi dari Kantor SAR Merauke diketahui, insiden itu dilaporkan pertama kali oleh kapal kontainer Port Vila Chief yang melihat ada satu kapal dalam posisi terbalik dan mengapung di tengah laut, Rabu (14/9/2022) lalu.

Temuan ini dilaporkan melalui email ke otoritas SAR Australia pada pukul 23.07 wit. Oleh JRCC (SAR Australia), informasi ini kemudian diteruskan ke Kantor Pusat Basarnas pada pukul 23.09 WIT. Dan baru pada pukul 23.15 WIT kantor SAR menerima laporan tersebut. Data awal, hanya memuat kejadiannya saja tanpa diketahui nama kapal nahas tersebut.



Pesawat pencari milik Australia Maritime Safety authority (AMSA) jenis Bombardier Challengger dikerahkan melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian, namun hingga pesawat kembali ke pangkalan, pencarian masih nihil.



Kemudian pada pukul 08.20 WIT pesawat kembali ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian kembali hingga pukul 12.00 WIT. Kali ini pencarian belum membuahkan hasil.

“Setelah dilakukan koordinasi baik dengan SAR Australia, Bakamla, kantor Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta pihak agen kapal akhirnya diketahui kapal tersebut bernama KM. AMJ Lima yang berpangkalan di Panambulai, Dobo Kepulauan Aru,” kata Kepala Basarnas Merauke, Supriyanto Ridwan.

Kapal ini adalah milik PT. Sutioso Bersaudara yang berkantor pusat di Jakarta Barat . Berdasarkan penelusuran aplikasi marine tracking, ternyata kapal ini sudah terbalik akibat hantaman ombak besar pada hari Selasa (13/9/2022) lalu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1531 seconds (0.1#10.140)