Haul Ki Ageng Gribig, Airlangga Hartarto Malam Ini Gelar Dzikir dan Sholawat Bareng Habib Syech dan Gus Ali

Kamis, 15 September 2022 - 17:15 WIB
loading...
Haul Ki Ageng Gribig, Airlangga Hartarto Malam Ini Gelar Dzikir dan Sholawat Bareng Habib Syech dan Gus Ali
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto bakal menggelar acara dzikir dan sholawat dalam rangka Haul Ki Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Kamis (15/9/2022) malam. Foto Haul Ki Ageng Gribig pada 2021. Foto/Ist
A A A
KLATEN - Menteri Kordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto bakal menggelar acara dzikir dan sholawat dalam rangka Haul Ki Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah malam ini, Kamis (15/9/2022).

Airlangga akan hadir bersama dengan Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf, KH Agus Ali Masyhuri (Gus Ali), dan Wakil Ketua Umum PBNU KH Nusron Wahid.

Baca juga: Haul Ki Ageng Gribig, Penasihat Sultan Agung dan Pejuang Islam di Tanah Jawa

"Pak Airlangga Hartarto memang rutin menggelar haul untuk leluhurnya, Ki Ageng Gribig, agar nilai atau spirit perjuangannya terus menginspirasi," kata Nusron Wahid.

Acara dzikir dan sholawat diselenggarakan di Oro-oro Yaqowiyyi, di depan Pasar Jayinom.

Nusron yang juga selaku pimpinan Majelis Ahlul Hidayah mengungkapkan, tema haul kali ini adalah Malam Grebeg Sebaran Apem Yaa Qowiyyu "Winayang Bajra Thrustaning Rat".

Tradisi sebaran apem yang diadakan di Desa Jatinom, Klaten dalam Haul Ki Ageng Gribig diselenggarakan hari Jumat terakhir di bulan Safar.

Baca juga: Kisah Ki Ageng Selo Sang Penakluk Petir dan Anti Kesambet

Tradisi tersebut dikaitkan dengan kisah Ki Ageng Gribig, yang dipercaya sebagai juru dakwah dari Wali Songo, keturunan Raja Bhrawijaya V dari keraton Majapahit.

Saat melakukan ibadah haji ke Mekkah dan di sana ia mendapatkan apem yang ketika dibawa sampai ke Jatinom untuk dibagikan ke anak-anaknya masih hangat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1372 seconds (10.55#12.26)