Haul Ki Ageng Gribig, Penasihat Sultan Agung dan Pejuang Islam di Tanah Jawa

Jum'at, 24 September 2021 - 09:28 WIB
loading...
Haul Ki Ageng Gribig, Penasihat Sultan Agung dan Pejuang Islam di Tanah Jawa
Haul Ki Ageng Gribig, ulama besar Tanah Jawa yang dikenal juga sebagai penasehat Sultan Agung berlangsung khidmat yang dihadiri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Klaten, Jawa Tengah, Kamis malam (23/9/2021). Foto/Ist
A A A
KLATEN - Haul Ki Ageng Gribig, seorang ulama besar Tanah Jawa yang dikenal juga sebagai penasehat Sultan Agung berlangsung khidmat di Klaten, Jawa Tengah, Kamis malam (23/9/2021).

Cucu Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit itu merupakan seorang alim ulama yang terkenal dermawan dan tak pernah pelit untuk membagikan ilmu serta harta yang dimilikinya.



Haul berlangsung istimewa dengan kehadiran Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. Mengenakan baju koko putih lengan panjang yang dipadukan dengan celana bahan warna hitam, ia nampak khusyuk mengikuti haul leluhurnya. Sesekali Airlangga tak kuasa menahan air matanya.

Haul Ki Ageng Gribig, Penasihat Sultan Agung dan Pejuang Islam di Tanah Jawa


Seluruh peserta yang hadir pun larut dalam suasana haru tersebut. Airlangga mengenang sosok Ki Ageng Gribig sebagai seorang tokoh agama yang tak kenal lelah dalam mensyiarkan ajaran Islam di Tanah Jawa.



"Ki Ageng Gribig atau yang bernama asli Wasibagno Timur adalah ulama besar yang menyebarkan Islam di Desa Krajan, Jatinom, Klaten dan sekitarnya. Ia juga dikenal masih keturunan dari Raja Majapahit, Brawijaya V," kata Airlangga.

Ketua Umum DPP Partai Golkar itu menyebut, ketokohan dari seorang Ki Ageng Gribig itu harus menjadi contoh dari setiap umat muslim di Indonesia.

"Saat hidup dia adalah menjadi amir tanah perdikan di Jatinom. Dia adalah penasihat spiritual Raja Mataram Sultan Agung. Atas jasanya Kiai Ageng Gribig dianugerahi putri adik sinuhun bernama Raden Ayu Mas sebagai istrinya," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4892 seconds (0.1#10.140)