Kunjungan Kerja ke Kaltim, Menteri Hadi Temui Warga Urus Sertifikat Tanah di BPN

Kamis, 15 September 2022 - 15:01 WIB
loading...
Kunjungan Kerja ke Kaltim, Menteri Hadi Temui Warga Urus Sertifikat Tanah di BPN
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim). (Ist)
A A A
BALIKPAPAN - Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim). Pada kesempatan itu, Hadi berdialog dengan seorang ibu rumah tangga saat mengurus sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kota Balikpapan, Kelurahan Sepinggan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kaltim, Rabu 14 September 2022.

Hadi menanyakan proses pembuatan sertifikat hingga kocek dikeluarkan ibu tersebut dalam mengurus tanah.

"Kemarin ditarik berapa?" kata Hadi

"Enggak Pak," jawab ibu bernama Sunti tersebut.

"Benar waktu ngurus ini enggak ditarik?" timpal Hadi

"Enggak sama sekali," ujar Sunti.

Kepada Hadi, ibu tersebut mengaku sedang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Yakni program dari BPN untuk pendaftaran pembuatan sertifikat tanah bagi masyarakat atau biasa disebut sertifikat massal.

Hadi menanyakan, apakah ibu itu mengikuti semua proses dalam mengurus sertifikat tanahnya. Mulai dari pengukuran hingga melaporkannya ke Kantor BPN Balikpapan.

Mantan Panglima TNI tersebut lantas mengambil sertifikat tanah milik ibu tersebut di kasir. Sertifikat tanah di dalam map biru muda itu kemudian dibuka Hadi.

Ibu tersebut rupanya memiliki luas tanah 36 meter persegi. Kepada ibu tersebut Hadi mengatakan bahwa sertifikat tanah tersebut dapat disekolahkan ke bank untuk jaminan modal usaha. Dengan catatan pembayarannya sesuai tanpa nombok sehingga tanah dan bangunan rumah tak disita.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)