Kunjungi Titik Nol IKN, Menteri ATR/BPN Genjot Pembangunan 9 RDTR di Kaltim

Kamis, 15 September 2022 - 13:37 WIB
loading...
Kunjungi Titik Nol IKN, Menteri ATR/BPN Genjot Pembangunan 9 RDTR di Kaltim
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengungkapkan, ada sembilan Rencana Detail Tata Ruang dikerjakan Kementerian ATR/BPN untuk wilayah Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kaltim. (Ist)
A A A
PENAJAM PASER UTARA - Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengungkapkan, ada sembilan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dikerjakan Kementerian ATR/BPN untuk wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Hadi mengatakan, sembilan RDTR itu direncanakan rampung hingga akhir tahun 2022.

Hal ini dikatakan Hadi usai mengunjungi Titik Nol IKN didampingi Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto dan Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Rabu 14 September 2022.

"Saya dari titik nol IKN secara fisik dan memastikan bahwa RDTR sesuai dengan tugas dari Bapak Presiden untuk menyelesaikan tata ruang. RDTR di empat tempat semuanya sudah selesai adalah materi RDTR, rencana detil tata ruang, dan 5 RDTR lagi akan selesai pada akhir 2022," kata Hadi dalam keterangannya, Kamis (15/9/2022).

Hadi menambahkan, kunjungan ke IKN dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendukung pembangunan IKN melalui Kebijakan Tata Ruang dan Pengadaan Tanah.

Mantan Panglima TNI ini menjelaskan, Kementerian ATR/BPN telah melakukan langkah-langkah percepatan dalam pembangunan IKN. Langkah itu di antaranya membuat Peta Tematik Pertanahan dan Ruang (PTPR), menyusun Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2024 serta Pelepasan Kawasan Hutan dan/atau Pengadaan Tanah.

Baca: Groundbreaking Gedung PB NWDI, TGB Minta Jamaah Keluar dari Zona Nyaman di NTB.

Hadi sangat optimistis pembangunan IKN bisa berjalan sesuai dengan target yang ditentukan dengan kebijakan land freeze yang sudah dilaksanakan. Dia menegaskan, semuaRDTRakan diselesaikan di akhir tahun 2022.

"Seperti rencana bahwa rencana wilayah pusat adalah ada kawasan inti kemudian wilayah perencanaan barat, kemudian timur 1 dan 2, wilayah Utara, wilayah selatan dan satu lagi muara," tutupnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1497 seconds (11.210#12.26)