Libatkan Ribuan Warga Desa, Program Merdeka Heppiii Jatim Tampilkan Beragam Kreativitas

Selasa, 13 September 2022 - 10:16 WIB
loading...
Libatkan Ribuan Warga Desa, Program Merdeka Heppiii Jatim Tampilkan Beragam Kreativitas
Kegiatan kenduri melibatkan banyak warga di desa yang digelar Heppiii Community Jatim menyambut HUT ke-77 RI, Agustus lalu.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Program Merdeka Heppiii yang digelar Hepppiii Community Jawa Timur diikuti 125 desa dengan menampilkan berbagai kegiatan unik yang melibatkan ribuan warga.

Program Merdeka Heppiii merupakan bagian dari upaya ratusan desa yang tergabung dalam Heppiii Community di Jatim untuk menampilkan berbagai potensi ekonomi dan kreativitas warga desanya. Kegiatan ini juga untuk meramaikan peringatan kemerdekaan RI.

Baca juga: Polisi Dalami Keterlibatan Pihak Pondok Gontor dan Rumah Sakit Tutupi Kematian Santri

Pembina Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengapresiasi apa yang dilakukan oleh ribuan warga dari 125 desa tersebut. Kata dia, berbagai keseruan tersaji dalam program Merdeka Heppiii.

"Merdeka Heppiii juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan di antara warga desa yang tergabung dalam Heppiii Community. Selain potensi desa yang bisa dimunculkan, momentum ini juga menjadikan masyarakat makin guyub dan tambah rukun serta menumbuhkan semangat nasionalisme," kata Ronald Theo Lesmana, Selasa (13/9/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh karang taruna (kartar) desa Heppiii Community ini acaranya sangat beragam dan digelar secara massal. Seperti pagelaran wayang kulit, festival reog di Jember, pagelaran budaya di Situbondo, bazar UMKM di Jombang dan Probolinggo serta hiburan musik rakyat.

"Beberapa karta menggelar bakti sosial dengan khitan massal yang melibatkan ratusan orang di Sidoarjo. Ada juga undian jalan sehat, lomba senam ibu-ibu, kemudian panggung hiburan di Bojonegoro," ungkapnya.

Baca juga: Parade Busana, Gobak Sodor dan Pelatihan Antisipasi Banjir Ramaikan Merdeka Heppiii Probolinggo

Karta lain juga terus menghidupkan kesenian tradisional seperti menampilkan musik angklung di acara kemerdekaan, kemudian lomba gobak sodor di Probolinggo. Di Madiun digelar karnaval yang diikuti ratusan warga desa berhadiah hewan ternak.

"Di berbagai daerah juga banyak digelar baksos dengan memberikan sembako kepada warga sekitar. Kemudian sejumlah daerah menggelar pengajian umum sebagai penutup Merdeka Heppiii," jelas Ronald.

Ronald berharap kegiatan Merdeka Heppiii dapat terus digelar dan menjadi sarana bagi warga desa untuk menunjukkan potensinya. Di era komunikasi yang semakin terbuka, masyarakat desa punya kesempatan yang sama untuk mengoptimalkan kemampuannya, sehingga desa-desa Heppiii Community semakin maju dan warganya semakin sejahtera. Kegiatan Merdeka Heppiii dimulai pertengahan Agustus hingga 3 September pekan lalu.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4115 seconds (0.1#10.140)