Stok Darah di PMI Belum Aman untuk Lebaran

Rabu, 16 Juli 2014 - 15:11 WIB
Stok Darah di PMI Belum Aman untuk Lebaran
Stok Darah di PMI Belum Aman untuk Lebaran
A A A
BANDUNG - Menjelang arus mudik dan Lebaran, stok darah di PMI Kota Bandung ternyata masih belum aman. Apalagi jumlah pendonor diprediksi menurun karena mudik ke kampung halaman.

Saat ini, stok darah yang ada di PMI Kota Bandung hanya 1.236 labu. Itu pun terbagi ke dalam tiga jenis golongan darah.

"Per hari ini golongan darah A masih kosong, B ada 444 labu, O 724 labu, kemudian golongan darah AB 66 labu," kata Humas PMI Kota Bandung, Priyo Handoko, di Markas PMI Kota Bandung, Rabu (16/7/2014).

Idealnya, ada 400 labu tambahan per hari untuk persediaan aman. Artinya dengan hanya ada 1.234 labu, itu diperkirakan akan habis dalam beberapa hari ke depan. Sementara saat ini, jumlah pendonor berkurang selama Ramadan.

"Setiap hari (biasa) yang mendonor ke markas itu sekira 150-200 orang per hari, sedangkan Ramadan ini hanya 60-70 orang," ungkapnya.

Jumlah pendonor pun akan terus berkurang seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Pendonor rutin yang mudik praktis tidak mendonorkan darahnya di PMI Kota Bandung.

Kondisi itu biasanya terjadi seminggu setelah lebaran. Setelah itu, jumlah pendonor biasanya perlahan kembali normal.

Sementara jika saat stok darah tidak ada tapi ada orang yang membutuhkan darah, PMI mengambil solusi yaitu dianjutkan membawa donor keluarga. "Mau tidak mau si keluarga pasien harus membawa donor keluarga," tandas Priyo.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.2003 seconds (0.1#10.140)