Ridwan Kamil Siapkan Lahan 8 Hektare untuk Padepokan Silat di Jabar

Senin, 12 September 2022 - 22:42 WIB
loading...
Ridwan Kamil Siapkan Lahan 8 Hektare untuk Padepokan Silat di Jabar
Ketua Umum IPSI, Prabowo Subianto saat melantik pengurus IPSI Jabar masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022). Foto: SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkomitmen menyiapkan lahan seluas 8 hektare untuk lokasi pembangunan padepokan silat di Jabar.

Padepokan silat tersebut rencananya bakal dibangun di kawasan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Bahkan, Ridwan Kamil bakal mendesain langsung padepokan silat tersebut.

Hal itu mengemukakan dalam pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jabar masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022).



"Pencak Silat di Jawa Barat adalah budaya nomor satu. Kami lestarikan dalam bentuk kurikulum, dalam rencana membuat padepokan di Jatinangor. Kita lestarikan dengan mengumandangkan hari Pencak Silat Jabar 12 Desember," tutur Ridwan Kamil.

Menurut Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, Provinsi Jabar berupaya menjadi yang terdepan dalam memfasilitasi berbagai macam olahraga, termasuk pencak silat yang kerap meraih prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.



"Kontingen (Pancak Silat) Jabar berhasil menjadi juara umum baik di PON maupun di perhelatan internasional," sebutnya.

Bahkan, lanjut Kang Emil, pihaknya pun ikut serta melobi UNESCO agar pencak silat yang merupakan bagian seni budaya itu diakui Unesco sebagai warisan budaya tak benda.

"Termasuk kami yang mencintai silat ini melobi Unesco beberapa tahun lalu, sampai akhirnya Unesco menganugerahi warisan budaya dunia," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)