Sulam Jelujur Tembus Amerika Serikat, Perajin Lampung Bangga

Sabtu, 10 September 2022 - 21:23 WIB
loading...
Sulam Jelujur Tembus Amerika Serikat, Perajin Lampung Bangga
Peluncuran kain tenun sulam jelujur di kompleks Pemda Kabupaten Pesawaran, Lampung pada akhir 2021 lalu. Foto/lampungprov.go.id
A A A
PESAWARAN - Perajin sulam jelujur di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran, Lampung merasa bangga. Sebab hasil kerajinan mereka produksi akan tampil di New York Indonesia Fashion Week 2022.

Perwakilan perajin sulam jelujur, Yeni kustiawati mengatakan, dengan tampilnya sulam jelujur di New York, Amerika Serikat maka para perajin sangat berbangga.

Baca juga: Perbedaan Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show, Apa Saja?

Hal itu karena hasil karya dari Sungai Langka mampu menembus pasar dunia dan dikenal sampai luar negeri.

Dia mengatakan bahwa pada masa lalu sulam jelujur hanya digunakan untuk pajangan oleh masyarakat sekitar.

Namun semakin perkembangan zaman dan adanya dukungan serta pembinaan dari Pemprov Lampung maupun Pemkab Pesawaran, pajangan tersebut disulap menjadi memiliki barang yang memiliki harga jual.

"Kain sulam jelujur merupakan bagian dari sebuah peristiwa sejarah transmigrasi pertama di Indonesia pada tahun 1905 di Kabupaten Pesawaran. Ini merupakan rekam jejak dan warisan wastra Lampung yaitu kain tenun dengan teknik jelujur yang membentuk keragaman motif serta gambaran peristiwa yang terjadi pada sejarah transmigrasi saat itu," kata Yeni, Sabtu (10/9/2022).

Baca juga: Viral Video Ibu di Cianjur Minta Perlindungan Kapolres karena Diancam Anak Kandungnya

Ia mengatakan setelah mengetahui adanya warisan wastra yang ada di Kabupaten Pesawaran, pihak pemerintah setempat langsung memberikan pembinaan kepada para perajin dan membantu dalam memasarkan sulam jelujur kepada masyarakat luas.

"Sebelumnya, hasil kerajinan kita ini hanya digunakan untuk pajangan dan juga digunakan di rumah saja, tetapi karena melihat adanya nilai ekonomis di dalamnya, mulai lah kita memproduksi sedikit banyak untuk kita jualkan ke luar. Dari hasil itu juga dapat membantu perekonomian keluarga," ujarnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1246 seconds (10.101#12.26)