Korps Brimob Siap Kawal Amanat Presiden di Hari Jadi Polri

Kamis, 02 Juli 2020 - 07:44 WIB
loading...
Korps Brimob Siap Kawal Amanat Presiden di Hari Jadi Polri
Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol Anang Revandoko bersama Komandan Korps Marinir Mayjen Suhartono dalam perayaan sederhana HUT ke-74 Bhayangkara di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Foto/Dok Humas Brimob
A A A
BANDUNG - Korps Brigade Mobil (Brimob) siap mengawal seluruh amanat Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan pada peringatan HUT ke-74 Bhayangkara yang jatuh pada Rabu 1 Juli 2020.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menekankan tujuh poin dalam HUT Bhayangkara yang kali ini mengambil tema "Kamtibmas Kondusif Masyarakat semakin Produktif".

Poin pertama, Polri harus terus memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai luhur Tri Brata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas.

Poin kedua, Presiden meminta Polri melaksanakan reformasi diri secara total kemudian membangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan, dan akuntabel.

"Bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan terpercaya," ujar Presiden dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Kamis (2/1/2020).

Presiden juga meminta Polri terus memantapkan soliditas internal. Dia memerintahkan agar Polri memperkuat sinergitas dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

"Terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat," tambah Presiden menyebut poin keempat.

Untuk poin kelima, Presiden meminta Polri terus meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional. Tak ketinggalan, Polri juga harus melakukan penanganan hukum secara transparans dan berkeadilan.

Poin keenam, Polri terus menjaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.

"Ketujuh, Polri harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangannya dengan penuh tanggung jawab," tandas Presiden Jokowi.(Baca juga : Gugus Tugas COVID-19: Hasil Tes Swab Almarhum Ustaz Hilmi Positif Corona )

Korps Brimob sebagai kesatuan operasi khusus mencerna dengan baik amanat yang disampaikan Presiden Jokowi. Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol Anang Revandoko menyatakan, jajarannya akan ikut mengawal seluruh poin-poin yang ditekankan presiden demi kemajuan Polri dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Dia pun berharap seluruh bagian dari Polri tetap memegang teguh Tri Brata yang diikrarkan sebagai pedoman hidup. "Teruslah menjadi Rastra Sewakottama, abdi utama nusa dan bangsa. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia," tandas Irjen Anang.

Peringatan HUT ke-74 Bhayangkara dilaksanakan secara virtual dan sederhana dengan dipimpin langsung Presiden Jokowi. Dengan mengikuti protokol kesehatan, upacara diawali dengan laporan Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol Anang Revandoko kepada Presiden. Upacara bertempat di Istana Negara, Jakarta serta live streaming dari Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Upacara yang berlangsung secara khidmat itu disaksikan Panglima TNI dan Menteri Pertahanan dan Menkopulhukam. Di Gedung Mabes Polri, turut hadir sejumlah mantan Kapolri dan para purnawirawan Polri. Selain itu, live streaming juga disiarkan ke jajaran kesatuan Polda dan Polres.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2334 seconds (0.1#10.140)