Pemprov Jawa Tengah Sabet 3 Penghargaan BKN Award 2022

Rabu, 07 September 2022 - 12:52 WIB
loading...
Pemprov Jawa Tengah Sabet 3 Penghargaan BKN Award 2022
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima penghargaan BKN Award 2022 yang diserahkan Ketua BKN Bima Haria Wibisana di Puri Gedeh, Semarang, Selasa (6/9/2022). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SEMARANG - Pemprov Jawa Tengah berhasil meraih tiga penghargaan pada penyelenggaraan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2022. Penghargaan itu diberikan langsung Ketua BKN Bima Haria Wibisana kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pemprov Jawa Tengah dinilai sukses menyelenggarakan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN). Mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) hingga pemanfaatan layanan digital.

"Penghargaan itu menjadi pemacu buat kita, karena kita mendapatkan penghargaan tidak pada ranking yang tinggi. Itu artinya kita harus tingkatkan lagi. Dan tentu inovasi-inovasi yang dikembangkan teman-teman membuahkan hasil," kata Ganjar Pranowo usai menerima penghargaan di Puri Gedeh, Semarang, Selasa (6/9/2022).

Tiga penghargaan ini terdiri dari Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kerja, Kategori Special Mention Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN, dan Kategori Pemanfaatan Penerapan Data Sistem Informasi dan CAT.

Ganjar mencatat setidaknya ada tiga poin yang harus dilakukan pembenahan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah dalam proses manajemen ASN. Misalnya mendorong model seleksi CPNS agar tidak berpatokan pada tes potensi akademik saja.

Kemudian, kuantitas ASN di Jawa Tengah masih perlu dievaluasi untuk mengisi kekurangan atau kekosongan di sejumlah sektor dalam rangka pemanfaatan otonomi daerah.

Pelayanan digital kepada masyarakat juga menjadi catatan penting untuk diperbaiki secepat mungkin. Menurut Ganjar, digitalisasi layanan masyarakat hari ini harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin cepat.

"Penghargaan ini bagian dari cara kita mengkoreksi ulang apa yang sudah kita kerjakan dan kita capai yang ternyata dalam penilaiannya belum bagus. Ayo kita genjot dan baguskan lagi," tuturnya.

Ketua BKN Bima Haria Wibisana menyebutkan, Kategori Special Mention yang diraih Jawa Tengah karena komitmen Ganjar mendorong peningkatan pelayanan kepada ASN.

Bima menuturkan, melalui BKN Award 2022 diharapkan setiap daerah yang mendapatkan penghargaan lebih mengoptimalkan pelayanan kepada ASN agar menjadi lebih baik lagi ke depannya. "Jadi tidak semua daerah dapat special mention ini," tutur Bima.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5423 seconds (0.1#10.140)