3 Hari Tertutup Longsor, Akses Jalan 2 Kecamatan di Bandung Barat Kembali Bisa Dilalui

Rabu, 07 September 2022 - 06:23 WIB
loading...
3 Hari Tertutup Longsor, Akses Jalan 2 Kecamatan di Bandung Barat Kembali Bisa Dilalui
Akses jalan penghubung dua kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang sempat tertutup material tanah longsor selama tiga hari akhirnya kembali bisa dilalui, Selasa (6/9/2022) sore. (Ist)
A A A
BANDUNG BARAT - Akses jalan penghubung dua kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang sempat tertutup material tanah longsor selama tiga hari akhirnya kembali bisa dilalui, Selasa (6/9/2022) sore.

Akses jalan dari Kecamatan Cipeundeuy ke Kecamatan Cikalongwetan atau sebaliknya itu tertutup longsor tepatnya di Kampung Tapos RT 02/04, Desa Kenangasari, Kecamatan Cikalongwetan, sejak Minggu (4/9/2022) dini hari.

"Setelah tim gabungan bersama warga berupaya keras selama tiga hari, akhirnya material longsor berhasil dibersihkan. Kendaraan sekarang sudah bisa lewat," ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo kepada wartawan.

Duddy menyebutkan, sebelumnya jalan kabupaten itu lumpuh total terhalang material tanah longsor serta bongkahan pohon bambu setebal 2-5 meter. Badan jalan dan jembatan yang tertutup material tanah kurang lebih panjangnya sekitar 30 meter.

Sehingga pihaknya sempat mendapat kesulitan dalam mengevakuasi material longsor karena bongkahan tanah begitu tebal. Ditambah banyaknya pohon bambu yang ikut tergusur longsor. Sehingga pembersihannya tidak bisa dilakukan secara manual.

"Kami dibantu dua alat berat dan temen-temen dari Damkar untuk membersihkan sisa lumpur di badan jalan, karena kalau manual akan sulit" ujarnya.

Baca: Polda Riau Ungkap Jaringan Narkoba dari Malaysia, 40 Kg Sabu Disita.

Seperti diketahui lumpuhnya akses jalan Cipeundeuy-Cikalongwetan mengakibatkan jalur kendaraan dari Jalan Tapos dialihkan ke Jalan Cihanjuang menuju Desa Mandalsari. Warga Kampung Tapos yang hendak beraktivitas harus memutar jalan sejauh hingga 7 kilometer.

Baca Juga: Tinggal di Gua Selama 20 Tahun, Kakek di Malang Ingin Belajar Ilmu Kesaktian.

Longsor tersebut dipicu hujan deras yang tinggi pada Minggu malam, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tebing yang longsor setinggi 10 meter dengan panjang sekitar 30 meter. Akibat kejadian itu kendaraan roda dua maupun empat tidak bisa melintas karena semua badan jalan tertutup.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)