Tarif Bus Trans Jatim Pasca Kenaikan Harga BBM, Wagub Emil: Tunggu Perhitungan Dishub

Selasa, 06 September 2022 - 14:28 WIB
loading...
Tarif Bus Trans Jatim Pasca Kenaikan Harga BBM, Wagub Emil: Tunggu Perhitungan Dishub
Tarif bus trans Jatim pasca kenaikan harga BBM masih menunggu perhitungan dari Dishub.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak masih menunggu perhitungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim terkait penyesuaian tarif Bus Trans Jatim pasca kenaikan harga BBM bersubsidi.

Diketahui, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melaunching Bus Trans Jatim di Terminal Porong Sidoarjo pada Jumat (19/8/2022) lalu. Bus ini melayani rute koridor I yaitu Sidoarjo - Surabaya - Gresik dengan 22 armada bus. Tarifnya, Rp2.500 untuk pelajar dan santri. Sementara masyarakat umum Rp5.000.

"Masalah apakah ada penyesuaian harga, kita tunggu perhitungan dari Dishub," kata Emil disela-sela kegiatan DPD Partai Demokrat Jatim, Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Terungkap! Santri Korban Penganiayaan di Ponpes Gontor Ponorogo Bertambah 2 Orang

Armada Bus Trans Jatim berjumlah 22 unit. Sebanyak 20 di antaranya dioperasikan. Sedangkan 2 bus menjadi cadangan. Dishub Jatim menyediakan 32 halte, masing-masing dari Sidoarjo-Surabaya-Gresik, sebanyak 15 halte.

Sedangkan dari Gresik-Surabaya-Sidoarjo, sebanyak 17 halte. Dimulai Terminal Porong, Terminal Pasar Larangan, kemudian masuk Tol Sidoarjo, Terminal Purabaya, masuk Tol Romokalisari, lalu masuk Gresik di Terminal Bunder. "Bus Trans Jatim sebagai upaya agar masyarakat menggunakan angkutan umum daripada kendaraan pribadi. Dan rute Bus Trans Jatim ini disubsidi," ujar Emil.

Ketua Komisi D DPRD Jatim, dr Agung Mulyono menambahkan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dishub Jatim terkait dampak kenaikan harga BBM terhadap angkutan umum, termasuk Bus Trans Jatim. "Mudah-mudahan, dampaknya (kenaikan harga BBM) tidak terlalu tinggi dan tidak merugikan masyarakat. Kalaupun ada kenaikan tarif, harus yang wajar," ujarnya.

Bus Trans Jatim beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB dari Terminal Porong Sidoarjo hingga Terminal Bunder Gresik. Busnya akan stand by dengan sistem headway setiap 10 hingga 15 menit di jam-jam sibuk. Dengan singgah di 32 halte tersebut jarak tempuh bus Trans Jatim dari Sidoajo - Surabaya - Gresik akan mampu ditempuh dalam waktu 2 jam 10 menit
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)