IAS Ungkap 2 Alasan Lomba Motor Trail Lebih Diminati di Sulsel

Minggu, 04 September 2022 - 21:18 WIB
loading...
IAS Ungkap 2 Alasan Lomba Motor Trail Lebih Diminati di Sulsel
Eks Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin sela-sela Swallow Kejurnas Grasstrack Region D Sulsel Putaran 4 dan GTX MX Celebes Series Round 1, di Sirkuit Puncak Mario, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Minggu (4/9/2022). Foto/Istimewa
A A A
BONE - Tokoh masyarakat Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) mengakui lomba balap motor jenis trail saat ini jauh lebih diterima di daerah ketimbang segmen motor lainnya. Hal ini ditegaskan Wali Kota Makassar 2004-2014 itu di sela-sela Swallow Kejurnas Grasstrack Region D Sulsel Putaran 4 dan GTX MX Celebes Series Round 1, di Sirkuit Puncak Mario, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Minggu (4/9/2022).

IAS menyebut ada dua alasan mengapa balap motor trail lebih digandrungi di daerah, khususnya di Sulsel.

Baca Juga: Pertama Kalinya di Sulsel, Forkopimda Trail Hadirkan Kategori Hard Enduro

"Pertama itu karena latar belakang kehidupan masyarakat Sulsel yang dominan pertanian. Motor jenis trail ini sangat adaptif dengan kehidupan masyarakat petani. Medannya kebun dan perbukitan. Masih kurang yang berasal," kata IAS.

Alasan kedua adalah kemudahan membuat sirkuit. "Saya yakin, jika pemerintah daerah memang punya itikad, maka setiap daerah di Sulsel ini masing-masing bisa punya satu sirkuit motor trail. Membuatnya tidak semahal membuat sirkuit road race pasti," tambah IAS.

IAS mengaku sangat terkesan dengan ribuan penonton yang membeludak di sirkuit Puncak Mario. Hal serupa juga IAS jumpai saat menghadiri adventure trail di Enrekang serta kejuaraan motocross di Bantaeng, Agustus lalu.

Dua even itu, plus Kejurnas Grasstrack menjadi isyarat lomba motor jenis trail ini memang sangat digandrungi masyarakat Sulsel. "Kondisi dua tahun pandemi juga saya yakini menjadi pemicu saat ada even seperti ini, maka masyarakat akan berbondong-bondong datang karena memang butuh hiburan usai pandemi berlalu," tutup politisi senior Golkar itu.

Baca Juga: Berhadiah Mobil, Forkopimda Trail Diminati Pecinta Motor

Ketua Tim Relawan Pemenangan Airlangga Hartarto Sulsel itu juga didaulat menyerahkan tropi kepada pemenang Kelas GTX 1 Trail Standard 4 tak 155 CC Senior, Swallow Kejurnas Grasstrack Region D Sulsel Putaran 4 dan GTX MX Celebes Series Round 1.

Tampil sebagai juara umum pada kejurnas yang dihelat 3-4 Septembet itu adalah Breifal Fianti Wales (Sulut) untuk kelas Open. Di kelas junior-pemula, pembalap Sulsel, Fajar Saodah berhasil keluar sebagai juara umum.
(tri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1568 seconds (10.101#12.26)