Human Initiative Bantu Warga Terdampak Banjir di Bengkulu

Jum'at, 02 September 2022 - 13:19 WIB
loading...
Human Initiative Bantu Warga Terdampak Banjir di Bengkulu
Human Initiative Bengkulu bersama tim relawan turut melakukan aksi tanggap darurat bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu. (Ist)
A A A
BENGKULU - Cuaca ekstrem memunculkan bencana alam yang membuat kesulitan warga. Selasa (30/8/2022), Human Initiative Bengkulu bersama tim relawan turut melakukan aksi tanggap darurat bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu.

Hujan deras yang terjadi pada hari senin sore (29/8/2022) hingga Selasa dini hari (30/8/2022), menyebabkan beberapa sungai meluap. Sehingga, sejumlah titik rendah di Propinsi Bengkulu tergenang banjir.

Banjir terjadi akibat luapan sungai dan terjadi di berbagai daerah, yaitu Muko-Muko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma dan Kaur.

Puluhan desa terendam banjir, dan sebagian warga desa terisolasi. Sementara itu, jalan akses warga antar desa juga terputus.

Human Initiative melakukan kaji cepat di beberapa titik lokasi banjir. Tim HI juga berkordinasi dengan BPBD dan Basarnas setempat serta Kepala Desa, Jumat (2/9/2022).

Kepala Desa Pagar Dewa Asnawi menyebutkan ada 25 Kepala Keluarga dan 100 jiwa yang terdampak banjir dan 1 sekolah Paud, SD dan SMP satu atap yang mengalami kerugian materiil.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan banjir setinggi 1-2 meter juga melumpuhkan aktivitas warga. Kemudian Tim Human Initiative memberikan bantuan di beberapa wilayah terdampak.

"Bantuan tersebut berupa paket makan siap santap, sembako, dapur umum, dapur air serta pakaian layak pakai. Total, 360 Keluarga menerima manfaat dari bantuan tersebut," kata SPV Program Human Initiative, Tuti Srikantun.

"Adapun bantuan tersebut tersalurkan ke Desa Pagar Dewa , Desa Taba Penyengat dan Desa Genting di Bengkulu tengah dan kelurahan Sukamerindu di kota Bengkulu," tambahnya.

Baca: Diduga Menimbun dan Menjual Pertalite Oplosan, Warga Kendal Ini Digelandang Polisi.

Dijelaskan Tuti, kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh masyarakat terdampak banjir adalah makanan siap saji, sembako, hygiene kit dan obat- obatan.

Relawan Tim Human Initiative masih terus melakukan upaya untuk menyalurkan bantuan ke wilayah terdampak. Tuti mengajak kepada masyarakat yang ingin membantu atau berdonasi korban banjir.

Bisa melalui rekening atas nama PKPU Cab. Bengkulu : Bank Mandiri 113.000631138.9 dan BSI, 100.200.3343 atau dapat berkunjung ke solusipeduli atau pedulibanjirbengkulu.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)