Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir, TNI AL Gelar Serbuan Karya Bakti di Teluk Awang

Jum'at, 02 September 2022 - 10:03 WIB
loading...
Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir, TNI AL Gelar Serbuan Karya Bakti di Teluk Awang
Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram menggelar Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) 2022 di Desa Teluk Awang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis 1 September 2022. (Ist)
A A A
LOMBOK TENGAH - Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram menggelar Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) 2022 di Desa Teluk Awang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis 1 September 2022. Kegiatan ini merupakan upaya TNI AL meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Termasuk mengoptimalkan pembinaan potensi maritim dalam rangka menyiapkan wilayah pertahanan laut dan pendukungnya secara dini sesuai UU TNI No 34 Tahun 2004 tentang Tugas TNI Angkatan Laut, pasal 9 point e yang berisi “Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut“.

Tidak hanya itu, pelaksanaan Karbak Wiltas ini juga merupakan tindak lanjut dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudho Margono untuk menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Mataram Kolonel Laut (P) Djawara Whimbo yang memimpin langsung kegiatan ini menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah.

”Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada instansi terkait, kepala dusun, kepala desa, kepala puskesmas, tokoh agama serta masyarakat yang telah mendukung terlaksananya kegiatan Karya Bakti TNI AL hingga selesai tepat waktu dan berjalan dengan baik,” ujarnya di Posyandu Bahari Desa Pemekaran Awang, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (2/9/2022).

Puncak acara yang ditinjau langsung Sekretaris Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Sekdispotmaral) Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Aswan Candra mewakili Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Suradi AS ditandai dengan penyerahan hasil karya bakti berupa renovasi posyandu, rumah pintar dan tempat wudhu serta renovasi kamar mandi masjid kepada perangkat Desa Pemekaran Awang. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial berupa sembako kepada masyarakat.

Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Suradi AS dalam amanatnya yang dibacakan Sekdispotmaral Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Aswan Candra menyatakan, penyelenggaraan Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) TA 2022 TNI AL diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Serta mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan, khususnya di wilayah perbatasan yang sulit dijangkau melalui program-program kemasyarakatan yang menitikberatkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim dan ke depan Desa Awang ini akan menjadi Kampung Bahari Nusantara,” ujarnya, Jumat (2/9/2022).

Dia berharap hasil karya bhakti TNI AL dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan Desa Teluk Awang dan memperkokoh rasa kebersamaan, gotong royong, cinta Tanah Air, serta kesetiakawanan sosial masyarakat pesisir. Termasuk sebagai sarana mempererat kebersamaan TNI dan Polri serta stakeholders dengan masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini.

Selain di Lanal Mataram, Karbak Wiltas juga dilaksanakan di Wilayah Kerja Lantamal VII Kupang. Kegiatan ini mencakup fisik dan non fisik berupa penyuluhan bela negara dan ideologi Pancasila, kelautan dan perikanan, serta protokol kesehatan Covid-19.

Baca: Layanan USG Gratis untuk Ibu Hamil di Bangka, Warga: Partai Perindo Maju Terus.

”Karbak Wiltas juga memberikan penyuluhan mengenai virus cacar monyet, stunting atau gizi buruk pada balita serta pelaksana vasin Covid-19 yang diselenggarakan sehari sebelum acara puncak karya bakti wilyah perbatasan di Kantor Administrasi Pelabuhan Perikanan Teluk Awang,” ucapnya.

Selain penyuluhan, Karbak Wiltas juga menyelenggarakan pelatihan budi daya ikan nila di Desa Mertak Awang. Kemudian, budi daya kepiting dan udang di perairan Teluk Awang serta bertemu tokoh adat masyarakat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Tengah H. Lalu Kamri yang mewakili Bupati Lombok Tengah, stakeholders, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat sekitar Desa Pemekaran Awang.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1217 seconds (10.55#12.26)