Genggam Ratusan Buku Lewat Aplikasi I-Gowa

Rabu, 31 Agustus 2022 - 16:00 WIB
loading...
Genggam Ratusan Buku Lewat Aplikasi I-Gowa
Salah satu pengguna I-Gowa saat mengakses fitur-fitur bacaan yang ada dalam aplikasi. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menghadirkan aplikasi perpustakaan digital (digital library). Aplikasi ini hadir untuk mendorong minat baca masyarakat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

Bernama I-Gowa, aplikasi tersebut dapat diakses melalui play store smartphone android.

Baca Juga: Kabupaten Gowa
I-Gowa menurut Mustamin diluncurkan sejak 2021 lalu, dengan menyediakan 200 buku. Kemudian di 2022 ini pihaknya kembali menambahkan 1.200 buku. Sekarang total buku yang bisa dibaca ada 1.400 dalam aplikasi tersebut. Buku-buku yang ada beragam, novel, resep, atau bacaan lainnya.

Saat membaca buku lewat I-Gowa, akses yang diberikan hanya durasi dua hari untuk satu buku. Di mana saat diklaim untuk dipinjam, maka otomatis buku tersebut tidak dapat diakses oleh pengguna lainnya, sebab dalam status pinjam. Sementara jika dalam dua hari buku belum tuntas dibaca maka secara otomatis buku kembali ke beranda untuk diakses pengguna lainnya.



Ketiga, fitur home yang menampilkan aktivitas para member yang ada. Mulai dari member yang baru bergabung, hingga member yang meminjam buku. Keempat, fitur pinjaman buku sebagai pengingat buku yang dipinjam dan akan dibaca. Kemudian kelima, fitur aktivitas dan kotak masuk.

"Ini upaya kita bagaimana buku itu semakin mudah di akses oleh masyarakat. Salah satunya dengan menyiapkan buku dalam genggaman seperti I-Gowa ini," katanya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0747 seconds (0.1#10.140)