Harga Telur Ayam di Kabupaten Gowa Capai Rp60 Ribu per Rak

Rabu, 31 Agustus 2022 - 14:11 WIB
loading...
Harga Telur Ayam di Kabupaten Gowa Capai Rp60 Ribu per Rak
Pedagang di Pasar Induk Minasamaupa, Sungguminasa. Harga telur di pasaran merangkak naik mencapai Rp60 ribu per rak. Foto: Sindonews/Herni Amir
A A A
GOWA - Harga telur ayam ras beberapa pekan terakhir mengalami kenaikan drastis, termasuk di Kabupaten Gowa yang harganya mencapai Rp60 per rak.

Kepala Pasar Induk Minasamaupa, Sungguminasa Zainuddin Langke Dg Tompo mengatakan, naiknya harga telur ayam sebenarnya sudah terjadi sejak bulan lalu. Namun dalam dua pekan ini kenaikannya sudah sangat dirasakan oleh pedagang dan pembeli.

Baca Juga: Target Pemkab Gowa : 845 Imam di Gowa Jadi Hafiz Quran

"Naik sekitar 10 persen. Dalam dua pekan ini harganya mencapai Rp60 ribu per rak," katanya, saat ditemui, Rabu(31/8/2022).

Zainuddin menjelaskan, harga telur saat ini yakni Rp55 ribu hingga Rp58 ribu untuk telur ukuran kecil dan sedang per rak, sedang telur ayam yang berukuran agak besar mencapai Rp60 ribu per rak.

Sebelum harga telur ayam naik, para pedagang pasar hanya menjual Rp45 ribu per rak. "Sebelum harga naik itu maksimal penjual per rak itu Rp50 ribu saja," terangnya.

Naiknya harga telur kata Zainuddin, diduga karena ada kabar jika harga pakan ternak ayam petelur ikut naik. Sehingga distributor atau agen telur juga menaikkan harga telur ke pedagang.

"Jadi tidak ada kelangkaan telur, menurut informasi katanya harga pakan ternak ayam petelur naik. Mungkin itu penyebabnya. Saya juga tidak bisa memastikan penyebabnya," ungkapnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib juga menjelaskan, naiknya harga telur ayam kemungkinan dipicu beberapa peternak ayam petelur gulung tikar, sehingga produksi menurun.

Di sisi lain, harga atau biaya pakan ayam mengalami kenaikan yang berimbas pada naiknya harga telur ayam. Selain itu kata dia, ada beberapa faktor naiknya harga telur ayam, selain biaya pakan ayam naik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3614 seconds (11.252#12.26)