Boven Digoel Papua Diguncang Gempa 5,2 SR Getaran Terasa hingga Oksibil

Rabu, 01 Juli 2020 - 10:56 WIB
loading...
Boven Digoel Papua Diguncang Gempa 5,2 SR Getaran Terasa hingga Oksibil
Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) dilaporkan mengguncang wilayah Kabupaten Boven Digoel, Rabu (01/07/2020) sekitar pukul 08.06.43 WIT. Foto ilustrasi SINDOnews
A A A
JAYAPURA - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) dilaporkan mengguncang Kabupaten Boven Digoel, Papua, Rabu (01/07/2020) sekitar pukul 08.06.43 WIT. Getaran gempabumi ini dirasakan di daerah Oksibil, sebesar III MMI.

Berdasarkan informasi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) episentrum gempa terletak pada koordinat 5,46 LS dan 140.80 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 59 km arah Timur Laut Kota Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Papua pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan oblique naik (oblique-thurst fault).

"Getarannya seperti saat truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," kata Rahmat Triyono dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Rabu (01/7/2020).

Gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami sehingga warga diimbau untuk tetap tenang. (Baca: 5 Kecamatan di Kabupaten Wajo Terendam Banjir 2,5 Meter)

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," tandasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)