Perangkat Kecamatan dan Desa di Muba Siaga Karhutbunlah

Rabu, 01 Juli 2020 - 10:47 WIB
loading...
Perangkat Kecamatan dan Desa di Muba Siaga Karhutbunlah
Perangkat Kecamatan dan Desa di Muba Siaga Karhutbunlah. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
SEKAYU - Pemkab Musi Banyuasin (Muba) terus menggencarkan kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan kebakaran hutan perkebunan dan lahan (Karhutbunlah) di wilayah tersebut.

Bupati Muba Dodi Reza menegaskan, pihaknya telah menginstruksikan dan membentuk posko siaga karhutbunlah di masing-masing Kecamatan khususnya di wilayah rawan kebakaran.

"Pembentukan posko ini melibatkan OPD Pemkab Muba yang bersinergi dengan aparat TNI dan Polri. Kita sangat all out dalam upaya pencegahan Karhutbunlah tahun 2020 ini," ujar Dodi, Rabu (01/07/2020).

Diungkapkan Dodi, terdapat tujuh instruksi tegas yang dikeluarkan sejak tahun 2019 lalu seperti sinkronisasi satuan tugas siaga karhutbunlah kabupaten dengan satuan tugas Provinsi Sumsel, membagi tugas satgas siaga karhutbunlah dengan melibatkan stakeholder.

Juga optimalisasi peralatan produksi pertanian yang pada kelompok tani untuk membantu pemadaman kebakaran.

Kemudian, lanjut Dodi, memberikan sanksi tegas kepada pelaku pembuka lahan dengan cara pembakaran atau pembakaran pasca panen.

Selain itu, memperkuat sarana dan prasarana pemadaman kebakaran serta personil terlatih pada regu pemadaman kebakaran perusahaan perkebunan.

"Perusahaan-perusahaan juga diminta untuk aktif dalam upaya pencegahan dan edukasi karhutbunlah di masing-masing wilayah operasional," tegasnya.

Melalui APBD, kata Dodi, pihaknya juga telah menyediakan sarana prasarana serta fasilitas pemadam kebakaran. "Fasilitas alat pemadam kebakaran sudah disebar terutama di daerah rawan karhutbunlah," jelasnya.

Selain itu, Dodi juga mewajibkan seluruh perangkat kecamatan dan perangkat desa agar siaga di wilayah masing-masing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5099 seconds (0.1#10.140)