Wisata Baru di Purbalingga Tawarkan Konsep Belajar Luar Ruang

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 17:18 WIB
loading...
Wisata Baru di Purbalingga Tawarkan Konsep Belajar Luar Ruang
Gubernur Ganjar saat meninjau lokasi wisata baru di Purbalingga. Foto: Istimewa
A A A
PURBALINGGA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkunjung ke tempat wisata edukasi the Samingah Wised yang berlokasi, di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga.

Dalam kunjungan tersebut, Ganjar menyampaikan apresiasinya terhadap konsep wisata edukasi dengan metode luar ruang sebagai tempat wisata alternatif bagi masyarakat dan memperkaya destinasi wisata di Jawa Tengah.

“Konsep belajar luar ruang yang ditawarkan oleh The Samingah Wised, menjadi alternatif bagi masyarakat, tidak hanya berwisata namun juga belajar dari alam langsung, Bertani, menangkap ikan dan sebagainya,” katanya, kepada wartawan, Jumat (26/8/2022).



Ia berharap, kehadiran The Samingah Wised dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Ganjar merasa kagum dengan konsep dan penataan The Samingah Wised yang memadukan berbagai unsur, budaya, religi, teknologi dan kearifan lokal desa Limbasari. Alam desa yang asri berpadu dalam harmoni keselarasan penataan wisata The Samingah Wised yang mempertahankan kontur tanah dan keindahan alam.

Menurut Sunaryo atau yang akrab dipanggil Paguru, sang penggagas The Samingah Wised, konsep yang ditawarkan memang bukan wisata pada umumnya, namun adalah wisata edukasi dengan metode belajar luar ruang.

“Jadi memindahkan ruang belajar yang tadinya di dalam kelas, sekarang di luar kelas, langsung belajar di alam. Sehingga, anak-anak diajak untuk mengenal dan berinteraksi langsung dengan alam," jelasnya.



Karena itu, penataan lokasinya dibuat untuk memperkaya pengetahuan dan ketrampilan siswa. Misalnya, ada tangga 99 untuk mengenalkan asmaul khusna (nama-nama Allah SWT), sebagai unsur menanamkan bekal Pendidikan agama kepada siswa. Tangga Asmaul Husna ini menjadi pembuka bagi siswa untuk masuk ke lokasi berikutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)