Modal Seratus Ribu, Peternak Kelinci di Lembang Ini Bisa Raup Rp50 Juta per Bulan

Rabu, 24 Agustus 2022 - 04:01 WIB
loading...
Modal Seratus Ribu, Peternak Kelinci di Lembang Ini Bisa Raup Rp50 Juta per Bulan
Hobi Asep Yana (43) warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam beternak kelinci yang telah dirintisnya sejak tahun 2007 lalu mulai membuahkan hasil. (Ist)
A A A
BANDUNG BARAT - Hobi Asep Yana (43) warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam beternak kelinci yang telah dirintisnya sejak tahun 2007 lalu mulai membuahkan hasil.

Usaha peternakannya kini telah bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan setiap bulannya. Pembeli kelincinya pun bukan hanya dari Jawa Barat saja, tapi ada juga yang dari luar daerah termasuk dari luar negeri.

"Saya awalnya iseng kecil-kecilan ternak kelinci tahun 2007, lama kelamaan jadi ketagihan dan ternyata bisa menghasilkan uang," tuturnya, Selasa (23/8/2022).

Melihat peluang bisnis yang cukup menggiurkan, dirinya lalu mulai serius untuk membudidayakannya. Modal awal saat itu yang dikeluarkannya hanya Rp100 ribu untuk membeli kelinci lokal sebagai bibit.

Lalu dirinya mulai membuat area peternakan yang dinamakan Arya Aditya Rabbitry di Jalan Baru Adjak, RT 04/06, Desa Lembang, KBB. Alhasil usahanya terus berkembang dan kelinci yang dibudidayakan terus bertambah banyak.

"Saya terus kembangkan dan hasilnya lumayan, sehingga mencoba inovasi dengan mendatangkan bibit kelinci dari luar negeri, karena banyak konsumen yang nyari," ujarnya.

Dirinya mendatangkan bibit kelinci dari berbagai negara Eropa dan Amerika untuk dibudidayakan. Seperti New Zealand white, blue, dan red, Californian, Hyla, Hycole, American Rex, Nederland Dwarf, Holland Lop, English Angora, Fuzzy Lop hingga German Giant.

Baca: Terbukti Suap Pejabat Kemenkeu, Mantan Bupati Tabanan Hanya Divonis 2 Tahun Penjara.

Ternyata budidayanya berhasil sehingga mulai 2008 dirinya mampu merambah pasar internasional dengan mengekspor berbagai jenis kelincinya me berbagai negara. Di antaranya ke Polandia, Jerman, Belgia, Prancis, Malayasia, Thailand, Vietnam, Jepang, Singapura, Brunei Darussalam hingga Arab Saudi.

Sekarang, dengan modal awal hanya Rp100 ribu, Asep mengaku bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp50 juta setiap bulannya. Dia menjual kelincinya dengan harga yang bervariasi dari mulai ratusan ribu, jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga: Wanita Hamil di Sukabumi Dipaksa Kerja di Arab, Diancam Ganti Rugi Rp20 Juta Jika Tak Berangkat.

"Harga kelincinya dari Rp4-5 juta untuk yang usia 3 bulan. Kalau yang dewasa biasanya dijual Rp15 juta sampai Rp 20 juta per ekor dengan bobot kelinci 8-9 kg per ekor," sebutnya yang mengaku banyak menjual kelinci secara online melalui media sosial.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2438 seconds (0.1#10.140)