Sorong Dikepung Banjir dan Longsor, 2 Meninggal dan 9.000 Warga Mengungsi

Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:58 WIB
loading...
Sorong Dikepung Banjir dan Longsor, 2 Meninggal dan 9.000 Warga Mengungsi
Kondisi wilayah Kota Sorong, Papua Barat yang terendam banjir bandang, Selasa (23/8/2022). Selain banjir, tanah longsor juga terjadi di Sorong hingga menyebabkan dua warga meninggal dunia. Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripaty
A A A
SORONG - Kota Sorong, Papua Barat dikepung banjir bandang dan longsor hingga menyebabkan 2 warga meninggal dunia tertimbun tanah longsor. Selain itu sekitar 9.000 warga terpaksa mengungsi.

Banjir terjadi usai hujan deras mengguyur Sorong sejak Senin (22/8/2022) hingga Selasa (23/8/2022) dini hari. Berdasarkan pantauan di lapangan, ketinggian air akibat banjir bah ini mencapai dada orang dewasa.

Baca juga: Tragis! Ibu dan Anak Tewas Tertimbun Tanah Longsor, sang Ayah Selamat

Warga Sorong kaget dengan datangnya banjir yang terparah selama ini karena terjadi merata di hampir seluruh wilayah.

Mereka meminta perhatian Pemkot Sorong dan Pemprov Papua Barat untuk menyelamatkan ribuan warga yang terdampak banjir bandang.

“Bencana banjir kali ini adalah bencana banjir paling besar yang pernah terjadi. Selama ini memang Kota Sorong menjadi langganan banjir, namun tidak separah kali ini. Kami harap ada perhatian khusus dari pemerintah. Ribuan rumah terdampak pada bencana besar ini,”ungkap salah satu warga Kota Sorong yang terdampak banjir, Ismail.

Selain ribuan rumah terendam banjir, sejumlah ruas jalan juga terlihat air meluap hingga menutupi badan jalan sehingga menghambat aktivitas warga.

Baca juga: Diguyur Hujan Deras 10 Jam, Kota Sorong Papua Direndam Banjir

Kepala BPBD Kota Sorong, Herlin Sasabone mengatakan, dua orang korban meninggal disebabkan longsor yang menimpa satu rumah warga di Rufei Tanjung Batu Kelurahan Pal Putih, Distrik Sorong Barat.

Korban meninggal adalah seorang ibu bernama Nur (35) dan anaknya, Fadil (8).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2898 seconds (11.252#12.26)