Semarak Bulan Kemerdekaan di Kota Surabaya Ditinjau Langsung Oleh Mendagri Tito Karnavian

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 17:55 WIB
loading...
Semarak Bulan Kemerdekaan di Kota Surabaya Ditinjau Langsung Oleh Mendagri Tito Karnavian
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Forkopimda Surabaya terjun langsung membagikan bendera merah putih ke rumah-rumah warga di kawasan Kecamatan Tambaksari pada Rabu, 10 Agustus 2022.
A A A
KOTA SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Forkopimda Surabaya terjun langsung membagikan bendera merah putih ke rumah-rumah warga di kawasan Kecamatan Tambaksari pada Rabu, 10 Agustus 2022. Bahkan pada Minggu (14/8/2022), pembagian bendera merah putih di Kota Pahlawan ditinjau langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Surabaya ini adalah Kota Pahlawan. Oleh karena itu, kita harus mengingat bagaimana perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan," kata Wali Kota Eri.

Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, dapat dilihat dari seluruh wilayah di Kota Pahlawan. Mulai dari pernak-pernik warna merah putih, dekorasi hingga umul-umbul bisa dijumpai pada setiap wilayah serta jalan-jalan protokol Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya telah mengimbau warga agar memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih serentak mulai tanggal 1-31 Agustus 2022. Juga, memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan.
Semarak Bulan Kemerdekaan di Kota Surabaya Ditinjau Langsung Oleh Mendagri Tito Karnavian

Imbauan itu telah disampaikannya melalui Surat Edaran (SE), hingga pengeras suara yang terpasang di sejumlah traffic light Kota Pahlawan. "Perayaan kemerdekaan ini adalah semangatnya yang kita ambil. Semangat gotong-royong, semangat kebersamaan yang tidak boleh pudar dan tetap terjaga di Kota Surabaya," kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Untuk menggugah semangat kemerdekaan, Pemerintah Kota (Pemko) Surabaya membagikan 13.884 bendera merah putih gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional pembagian 10 juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Menurut dia, mengingat jasa dan perjuangan para pahlawan bangsa bukan sekadar memasang bendera merah putih ketika HUT Republik Indonesia. Tetapi, dapat dilakukan dengan cara yang lain, yaitu saling gotong royong dan tolong menolong antar sesama umat manusia.

"Oleh sebab itu kami turun bergandengan tangan dan bergotong-royong dengan Forkopimda, RT/RW dan lainnya. Karena membangun Kota Surabaya ini harus seperti apa yang telah diajarkan oleh pahlawan kita, harus dengan kebersamaan dan gotong-royong," ujarnya.

Bagi Wali Kota Eri, filosofi membagikan bendera merah putih adalah untuk membakar semangat warga Kota Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan. Kemerdekaan sekarang yang dimaksud bukan melawan penjajah. Tetapi bagaimana melawan kemiskinan, anak putus sekolah, kebodohan, pengangguran dan sebagainya.
Semarak Bulan Kemerdekaan di Kota Surabaya Ditinjau Langsung Oleh Mendagri Tito Karnavian

"Saya yakin dengan gotong-royong ini kita bisa melawan itu semua. Saya yakin dengan bergerak bersama, kita punya kekuatan ketika menyelesaikan sebuah masalah," katanya.

Perayaan Hari Kemerdekaan di Kota Pahlawan semakin meriah, tatkala Pemerintah Kota (Pemko) Surabaya juga mengadakan beragam lomba dan kegiatan. Beragam lomba itu tak hanya ditujukan bagi Perangkat Daerah (PD) di lingkup pemerintah kota, melainkan juga ditujukan kepada masyarakat Surabaya.

Sejumlah kegiatan lomba yang digelar tersebut, di antaranya Lomba Penulisan Blog dan Lomba Video Kemeriahan Hari Kemerdekaan yang dapat diikuti masyarakat umum. Kedua kategori lomba tersebut, dimulai sejak tanggal 1 - 31 Agustus 2022 dan pendaftarannya dilaksanakan secara online.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2568 seconds (11.210#12.26)