Mortir zaman Belanda ditemukan di galian septic tank

Selasa, 13 Mei 2014 - 17:12 WIB
Mortir zaman Belanda ditemukan di galian septic tank
Mortir zaman Belanda ditemukan di galian septic tank
A A A
Sindonews.com - Warga Desa Candiroto Sumbung, Kecamatan Cepogo, Boyolali, dihebohkan dengan penemuan mortir zaman penjajahan Belanda. Mortir itu ditemukan dalam sebuah galian saptic tank milik salah seorang warga.

Penemuan mortir itu, bermula ketika salah seorang warga Slamet, menggali bidang tanah yang ada di belakang rumahnya. Galian tanah itu rencananya bakal dipakai untuk septic tank di rumah miliknya tersebut.

Saat melakukan penggalian bersama adiknya Rudi Hartono dan Adi Susanto, mata cangkul Slamet langsung mengenai sebuah besi berukuran besar.

Merasa penasaran dengan penemuan itu Slamet dan kedua adiknya langsung menggali lebih dalam dan akhirnya berhasil mengeluarkan mortir itu dari sebidang tanah.

Akan tetapi Slamet dan kedua adiknya tersebut belum mengetahui jika besi yang ditemukan itu adalah mortir jaman penjajahan.

Mortir lalu itu ditempatkan di teras rumahnya selama beberapa hari. Akan tetapi setelah diberitahu warga lainnya, akhirnya mortir itu diserahkan oleh keluarga Slamet ke Mapolsek Cepogo.

Kapolsek Cepogo, AKP Bambang Rusito, mengatakan mortir itu baru diserahkan pada Selasa pagi (13/5/2014). Dia mengatakan mortir yang ditemukan itu kondisinya sudah berkarat. Hal itu disebabkan karena mortir itu sudah tertimbun dalam waktu yang lama.

“Tidak tahu kalau itu mortir, jadi mereka baru menyerahkannya saat ini, selanjutnya mortir ini akan kami serahkan ke Mako Brimob Gunung Kendil Mojosongo Boyolali untuk dimusnahkan,” ujarnya, Selasa (13/5/2014).
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3892 seconds (0.1#10.140)