Cegah Aktivitas Calo Makin Marak, Kanwilkumham Banten Buat Informasi Satu Pintu

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 12:39 WIB
loading...
Cegah Aktivitas Calo Makin Marak, Kanwilkumham Banten Buat Informasi Satu Pintu
Kanwilkumham Banten buat informasi satu pintu. Foto: Istimewa
A A A
SERANG - Masih banyaknya aktivitas calo di wilayah Banten, membuat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwilkumham) Banten, membuka sistem layanan informasi satu pintu, di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang.

Kakanwilkumham Banten, Tejo Harwanto mengatakan, bahwa hal tersebut dibuat agar masyarakat bisa mendapatkan informasi yang akurat terkait prosedur dan aturan di layanan Kemenkumham. Sehingga, aktivitas calo saat pembuatan paspor bisa dihindari. Termasuk juga informasi mengenai lapas dan perizinan.

"Jadi bukan hanya Keimigrasian, tapi juga bisa informasi mengenai lapas, rutan, izin perusahaan terbatas, hak paten, dan lain sebagainya," jelas Tejo, Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: Terapkan P4GN Mandiri, BNNP Banten Apresiasi Kanwil Kemenkumham Banten

Melalui layanan informasi tersebut, masyarakat bisa mengakses langsung pusat informasi berbagai pelayanan Kemenkumham, mulai dari informasi Keimigrasian hingga pengurusan perusahaan terbatas. Apabila saat pelaksanaan ada perbedaan dengan informasi yang diberikan, maka hal itu bisa dianggap menyalahi aturan.

"Misal ada orang dekat yang jadi warga binaan di lapas, apa benar untuk dapat remisi perlu biaya, dan lain sebagainya. Nanti kita kasih informasinya, kalau di luar itu maka itu menyalahi ketentuan," lanjutnya.

Baca: Terdaftar di Kemenkumham, Sahabat Ganjar Lantik Satgassus Ninja Saga di Banten

Tejo juga meminta kehumasan dari seluruh satuan kerja Kemenkumham untuk berkolaborasi dengan media agar memberikan informasi tentang Kemenkumham bisa tersampaikan ke masyarakat luas. Terlebih lagi, karena masyarakat saat ini harus mendapatkan informasi yang cepat, tepat, obyektif, dan bertanggung jawab.

"Ini juga merupakan salah satu upaya memberikan informasi kepada masyarakat tentang tugas fungsi Kemenkumham wilayah Banten, dan kami membuka pintu lebar untuk memberikan informasi kepada media," tukasnya.
(san)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3657 seconds (10.177#12.26)