Tekan Laju Inflasi, Denpasar Gelar Operasi Pasar Kebutuhan Pokok

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 19:17 WIB
loading...
Tekan Laju Inflasi, Denpasar Gelar Operasi Pasar Kebutuhan Pokok
Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara memimpin rapat TPID yang akan menggelar operasi pasar kebutuhan pokok. Foto/Ist
A A A
DENPASAR - Pemkot Denpasar, Bali berusaha menekan laju inflasi dengan menggelar operasi pasar. Pelaksanaannya dititik beratkan kepada komoditas penyumbang inflasi seperti cabai, bawang merah dan kebutuhan pokok lainnya.

Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara menyampaikan hal itu saat melakukan rapat high level meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi (TPID) Kota Denpasar. Rapat dihadiri Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho serta Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.


"Untuk strategi jangka pendek dalam bulan Agustus-Desember ini kami akan menggelar operasi pasar untuk menekan laju inflasi," kata Jaya Negara, dikutip Jumat (19/8/2022).

Lebih lanjut Wali Kota Denpasar mengatakan, pelaksanaan operasi pasar dititik beratkan pada komoditas penyumbang inflasi. Langkah ini menjadi strategi jangka pendek untuk menekan laju inflasi.

Operasi pasar akan dilakukan melalui program Sewaka Mart milik Perumda Pasar Sewaka Dharma.

Selebihnya Pemkot Denpasar akan melakukan kerjasama antar daerah untuk mendorong pemenuhan pasokan komoditas.



Selain itu program gerakan tanam hortikultura di pekarangan rumah bekerjasama dengan TP. PKK juga diharapkan dapat menekan laju inflasi.

“Kedepannya langkah-langkah pengendalian inflasi diarahkan pada tercapai ketersedian pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif sesuai dengan Roadmap TPID Tahun 2022-2024,” ujar Jaya Negara.

Sementara itu, Trisno Nugroho menyampaikan inflasi Denpasar Juli 2022 sebesar 6,72 persen lebih tinggi dari target inflasi nasional sebesar 4,94 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2140 seconds (0.1#10.140)