Baju Adat Bangka Belitung Karyanya Dikenakan Presiden Jokowi, Sang Desainer Kebanjiran Order

Selasa, 16 Agustus 2022 - 23:16 WIB
loading...
Baju Adat Bangka Belitung Karyanya Dikenakan Presiden Jokowi, Sang Desainer Kebanjiran Order
Desainer baju adat Bangka Belitung, Tricahya Karnawati menunjukkan salah satu hasil karyanya sama seperti yang dikenakan Presiden Jokowi dalam rapat paripurna DPR-RI di Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Foto: MPI/Haryanto
A A A
BANGKA BELITUNG - Presiden RI, Joko Widodo memilih mengenakan pakaian adat Bangka Belitung saat mengikuti Sidang Paripurna Hari Kemerdekaan Indonesia di DPR-RI, Selasa (16/8/2022).

Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Tricahya Karnawati sang desainer baju adat tersebut. Dia bahkan masih tak percaya jika hasil karyanya dikenakan orang nomor satu di negeri ini.

Hal itu pun berdampak langsung ke sang desainer yang kini mengaku kebanjiran order baju adat seperti yang dipakai Presiden Jokowi.

Baca juga: Jokowi Kenakan Baju Adat Bangka Belitung di Sidang Tahunan MPR

Menurutnya, baju adat Bangka Belitung yang dibuatnya itu memiliki perpaduan kebudayaan Arab dan Tionghoa yang disebut dengan paksian.



“Motif pucuk rebung pada baju tersebut menggambarkan kerukunan masyarakat bangka yang terdiri dari mayoritas Melayu dan Tionghoa dengan semboyan “tongin fan ngin jit jong” yang artinya Melayu Cina hidup rukun berdampingan,” bebernya.

Sementara warna hijau melambangkan kesejukan ketenangan dan keberuntungan serta kesetiaan, warna emas lambang keagungan dan keluhuran.

Menurutnya, warna asli pakaian adat Bangka berwarna merah, karena perkembangan zaman warna baju menyesuaikan selera. “Warna hijau banyak diminati karena mempunyai filosofi yang sangat bagus,” ungkap Tricahya.

Baca juga: Jokowi Pilih Baju Adat Mana untuk Upacara HUT Ke-77 RI?

“Setelah dipakai Presiden Joko Widodo, banyak order dari berbagai pihak yang meminta dibuatkan baju serupa baik untuk acara pernikahan maupun foto keluarga,” ungkapnya.

Dia berharap, baju adat Bangka Belitung dapat dikenal lebih luas hingga keseluruh penjuru Tanah Air dan menjadi kebanggaan generasi muda, untuk bangga mengenakan pakaian adat daerahnya.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1557 seconds (11.252#12.26)