77 Pemuda Pemudi Jatim Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Arjuno

Selasa, 16 Agustus 2022 - 07:07 WIB
loading...
77 Pemuda Pemudi Jatim Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Arjuno
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas keberangkatan Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno dari Halaman Gedung Negara Grahadi
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas keberangkatan Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno dari Halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (15/8/2022). Sebanyak 77 orang pemuda pemudi tersebut akan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak Gunung Arjuno tepat pada tanggal 17 Agustus 2022 di peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 77.

Tak hanya itu, tim ekspedisi ini juga akan melakukan penanaman sebanyak 77 pohon cemara gunung di Gunung Arjuno. "Sehingga misi yang dibawa adalah semangat kemerdekaan dan kebangsaan, melalui semangat cinta lingkungan," kata Khofifah.

Orang nomor satu di Jatim itu mengatakan, Gunung Arjuno sengaja dipilih karena beberapa alasan. Pertama karena Gunung Arjuno ada di kawasan Taman Hutan Raya R Soeryo yang dikelola Pemprov Jatim. Gunung Arjuno juga merupakan cagar biosfer di kawasan Bromo Tengger Semeru dan Arjuno yang bahkan telah ditetapkan oleh Unesco tahun 2015.

Baca juga: Wagub Emil Dardak Sebut Kalimas Surabaya Bisa Jadi Ikon Seperti Thames di London

Secara khusus, pelepasan Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno dilakukan Khofifah dengan menyerahkan pataka Bendera Merah Putih pada tujuh perwakilan elemen. Yaitu unsur perempuan, ASN, Pramuka, media, pelaku wisata, unsur mahasiswa pecinta alam dan unsur relawan.

Selain itu, sebelum pelepasan Gubernur Khofifah juga menyerahlan secara simbolis bibit tanaman cemara gunung yang akan ditanam di Gunung Arjuno. "Ini salah satu cara mencintai negeri ini sekaligus menyampaikan kepada dunia bahwa mereka mencintai Republik Indonesia dengan seluruh jiwa dan raganya," tutur Khofifah.

Khofifah berpesan kepada seluruh Tim Ekspedisi untuk menjaga kekompakan, dan mengutamakan keselamatan hingga pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Arjuno. "Naik gunung haruslah hati hati, kompak dan sehat sehingga seluruh ikhtiar bisa terlaksana dengan baik," ungkapnya.

Tak hanya itu, Khofifah juga mengapresiasi bahwa nanti setelah pengibaran bendera, sepanjang menuruni gunung, para Tim Ekspedisi 77 juga melakukan kerja bakti membersihkan sampah di Gunung Arjuno. "Ini menjadi salah satu cara pemuda pemudi Indonesia menyampaikan kepada dunia bahwa mereka siap menjaga republik ini," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Jatim Jumadi mengungkapkan, tujuan dari diadakannya ekspedisi 77 di Gunung Arjuno ini adalah untuk membangun semangat juang anak-anak muda.

"Pengibaran merah putih di puncak Gunung Arjuno ini memberikan arti semangat juang tinggi, serta penanaman Cemara Gunung menyimbolkan semangat Optimis Jatim Bangkit yang selalu menjadi tagline kita," tuturnya.

Pendakian akan dimulai pada Selasa (16/8/2022) pukul 04.00 WIB dari Sumber Brantas. Pendakian akan dilakukan dalam waktu dua hari dengan satu kali camp sehingga diperkirakan pada 17 Agustus 2022 pukul 06.00 WIB pengibaran akan dilangsungkan di puncak Gunung Arjuno. "Kami berharap ekspedisi ini mampu menumbuhkan sifat pewayangan Arjuno yang teliti, jujur, berani dan tenang," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)