Otak Kerusuhan Diskotek Double O Sorong yang Tewaskan 17 Orang, Ditangkap di Bintuni

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 16:50 WIB
loading...
Otak Kerusuhan Diskotek Double O Sorong yang Tewaskan 17 Orang, Ditangkap di Bintuni
Noval Bugis alias Toto buronan paling dicari dan terduga otak pelaku bentrokan maut antar kelompok di Diskotek Double O Sorong ditangkap di Bintuni, Sabtu (13/8/2022). Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripatty
A A A
SORONG - Terduga otak pelaku bentrokan maut antar kelompok di Tempat Hiburan Malam (THM) Diskotek Double O di Kota Sorong, Papua Barat pada 25 Januari 2022 silam yang menyebabkan 17 orang tewas akhirnya berhasil ditangkap.

Otak Kerusuhan Diskotek Double O Sorong yang Tewaskan 17 Orang, Ditangkap di Bintuni

Noval Bugis alias Toto terduga otak pelaku bentrokan maut antar kelompok di Diskotek Double O Sorong ditangkap pada Sabtu (13/8/2022). Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripatty

Pelaku Noval Bugis alias Toto yang selama ini menjadi buronan dan masuk daftar pencarian orang (DPO) berhasil ditangkap oleh Tim Resmob Polres Bintuni, Sabtu (13/8/2022).



Bentrokan di Double O dipicu seorang warga bernama Kani Rumaf meninggal dunia akibat dianiaya oleh kelompok lainnya. Hingga akhirnya berujung kerusuhan antar kelompok dan pembakaran Diskotek Double O.

Akibatnya 17 orang meninggal dunia terjebak kobaran api di dalam salah satu ruangan THM Double O yang dibakar massa.

Otak Kerusuhan Diskotek Double O Sorong yang Tewaskan 17 Orang, Ditangkap di Bintuni

Bentrokan maut antar kelompok di Diskotek Double O Sorong pada 25 Januari 2022 silam menyebabkan 17 orang tewas. Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripatty

Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Junov Siregar membenarkan bahwa Noval Bugil alias Toto, salah satu DPO yang juga merupakan terduga otak pelaku bentrokan maut tersebut berhasil ditangkap.



Noval Bugis alias Toto ditangkap di seputaran Kota Lama, Kabupaten Bintuni sekitar pukul 12.00 WIT.

Junov Siregar menjelaskan, penangkapan DPO Polres Sorong Kota tersebut berawal dari informasi yang didapatkan dari masyakarat.

Kapolres langsung memerintahkan kepada Tim Resmob yang dipimpin oleh Kasat Reskrim untuk menangkap buronan paling dicari tersebut.

"Awalnya saya mendapatkan informasi bahwa DPO kasus bentrokan maut Double O berada di wilayah hukum Polres Bintuni tepatnya di kampung lama. Atas laporan tersebut, siang tadi anggota kami dari Resmob Polres Bintuni yang dipimpin Kasat Reskrim langsung bergerak untuk mengamankan DPO atas nama Noval Bugis alias Toto tersebut," ungkap Kapolres, Sabtu (13/8/2022) siang.

Dalam penangkapan tersebut tidak ada perlawanan dari DPO tersebut. "Ditangkap tanpa ada perlawanan," ujarnya.

Reskrim Polres Teluk Bintuni melakukan koordinasi dengan pihak Reskim Polres Sorong Kota untuk memastikan bahwa buronan yang diamankan adalah Noval Bugis alias Toto.



"Jadi setelah DPO ini diamankan, pihak Reskrim Polres Bintuni langsung berkoordinasi dengan pihak Reskrim Polres Sorong Kota tentang ciri-ciri DPO. Setelah hasilnya betul, maka yang bersangkutan langsung kami tahan di rutan Polres Bintuni," ungkap AKBP Junov Siregar.

Menurut rencana, DPO Noval Bugis alias Toto akan dibawa ke Sorong untuk diserahkan ke pihak Polres Sorong Kota.

"Ya rencana besok, Minggu (14/8/2022) yah. DPO tersebut kami geser ke Kota Sorong, untuk diserahkan ke pihak Reskrim Polres Sorong Kota. Di mana yang bersangkutan adalah buronan dari Pihak Polres Sorong Kota," tandas Kapolres.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5097 seconds (0.1#10.140)