KUR Era Jokowi Berhasil Bikin Ekonomi UMKM Makin Bergairah

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 15:01 WIB
loading...
KUR Era Jokowi Berhasil Bikin Ekonomi UMKM Makin Bergairah
Salah satu program Pemerintahan Joko Widodo yang terbukti efektif dalam membangkitkan gairah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). (Ist)
A A A
BATAM - Salah satu program Pemerintahan Joko Widodo yang terbukti efektif dalam membangkitkan gairah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jutaan UMKM berhasil tumbuh berkat program tersebut.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Batam, Timothy Tarman, mengatakan strategi yang disiapkan Jokowi sengat efektif dalam menumbuhkan UMKM. Krisis ekonomi yang melanda sejumlah negara tak lantas berimbas ke Indonesia berkat keberhasilan Jokowi menjaga stabilitas ekonomi

Menurut dia hal tersebut tak terlepas daru kehadiran program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang digenjot Jokowi. Kehadiran program tersebut bahkan membuat roda perekonomian masyarakat kembali berputar stabil di tengah situasi pandemi.

Menurutnya UMKM menjadi salah satu faktor penggerak aktivitas ekonomi masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah yang terus berjalan. Pelaku UMKM yang sempat lesu, kembali bergairah setelah mendapat suntikan modal melalui program itu.

Timothy menambahkan, kehadiran KUR merupakan bentuk nyata keseriusan Presiden Jokowi dalam membangkitkan UMKM. Sebab sokongan modal kepada pelaku UMKM sangat efektif dalam membantu perputuran usaha yang mereka geluti.

"Program KUR ini sangat penting untuk menghidupkan dan membantu banget para pelaku UMKM," kata Timothy.

Berkat program tersebut, sambungnya, jutaan pelaku UMKM merasakan langsung manfaatnya. Mereka memilik rasa optimis yang lebih tinggi karena dukungan pemerintah yang begitu besar.

"Kita tahu bahwa KUR di masa pandemi mampu menghidupkan 5 juta pekerja di seluruh Indonesia, terutama mendampingi mereka dalam sisi modal itu sangat membantu," sambung Timothy. Baca: Beredar di Majalengka, 8.500 Batang Rokok Ilegal Disita Petugas.

Diketahui, Presiden Jokowi telah menyiapkan anggaran KUR pada 2022 hingga Rp 373 triliun. Sedangkan bunga kredit sebesar tiga persen per tahun relatif rendah berkat subsidi pemerintah.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1766 seconds (10.177#12.26)