Ansar Ahmad Klaim Inflasi Kepri Terendah di Sumatera

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 16:09 WIB
loading...
Ansar Ahmad Klaim Inflasi Kepri Terendah di Sumatera
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengklaim inflasi di Kepri, terendah di Sumatera, selama periode Januari-Juli 2022. Foto/Ilustrasi
A A A
TANJUNGPINANG - Tingkat inflasi di Kepulauan Riau (Kepri) selama periode Januari-Juli 2022, diklaim Gubernur Kepri, Ansar Ahmad terendah di Sumatera. Sepanjang semester pertama tahun 2022 tersebut, nilai inflasi Kepri mencapai 4,38 persen.



"Ini tak terlepas dari upaya-upaya yang dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kepri, dalam mengendalikan inflasi," kata Ansar. Dia juga menegaskan komitmennya bersama TPID Kepri, untuk terus melanjutkan upaya-upaya menekan inflasi sesuai kewenangan daerah.



Menurutnya ada beberapa faktor yang tidak dapat diintervensi oleh daerah terkait inflasi. "Kita akan kerja maksimal mencari cara dan celah untuk menekan inflasi," ujar Ansar.



Lebih lanjut dia mengatakan, ada beberapa upaya yang telah dilakukan untuk mengendalikan inflasi di Kepri, antara lain menggelar operasi pasar murah untuk komoditas buah, sayur dan sembako serta komoditas aneka cabai dan telur ayam.

Kemudian mendorong kerja sama antar daerah (KAD) dalam menjaga kestabilan stok bahan makanan, yang memiliki andil terhadap inflasi yang tinggi. "Kita juga terus meningkatkan kapasitas produksi lokal melalui penguatan kelembagaan nelayan/petani, serta perluasan dan implementasi teknik budidaya seperti proliga, urban integrated, hingga digital farming," sebut Ansar.

Sementara itu, berdasarkan rilis statistik BPS, Senin, (1/8/2022), perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kepri, pada bulan Juli 2022 tercatat 111,74 atau mengalami inflasi sebesar 0,61 persen.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3749 seconds (0.1#10.140)