Dorong Percepatan Pembangunan Universitas di DAS Barito Raya, Sekda Kalteng Gelar Rapat

Rabu, 03 Agustus 2022 - 10:35 WIB
loading...
Dorong Percepatan Pembangunan Universitas di DAS Barito Raya, Sekda Kalteng Gelar Rapat
SekdaPemprov Kalteng Nuryakin bersama Sekda Wilayah Daerah Aliran Sungai Barito menggelar Rapat Kerja (Ratas)di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Selasa (2/8/2022).
A A A
MUARA TEWEH - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) Nuryakin bersama Sekretaris Daerah Wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito menggelar Rapat Kerja (Ratas)di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Selasa (2/8/2022).

Rapat dengan agenda Percepatan Pembangunan di Wilayah DAS Barito dalam Mendukung Kalteng sebagai Penyangga Ibu Kota Negara (IKN) ini membahas program pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta pemenuhan pemerataan akses pelayanan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi di Kalteng, khususnya bagi masyarakat Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

DAS Barito mencakup Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Selatan, kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya.

Dalam arahannya, Sekda Nuryakin menyampaikan bahwa Pemprov Kalteng terus mendorong investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan tetap fokus pada prioritas pembangunan salah satunya pendidikan.

“Peningkatan SDM melalui jalur pendidikan formal adalah investasi jangka panjang, untuk itu perlu pemerataan terhadap aksesbilitas pendidikan, salah satunya dengan membangun perguruan tinggi di wilayah DAS Barito” ujarnya.

Sekda Nuryakin menyebut bahwa inisiasi membangun perguruan tinggi di wilayah DAS Barito ini merupakan gagasan cemerlang dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang menghendaki agar lulusan SLTA di Kalteng, khususnya DAS Barito, dapat melanjutkan pendidikan di daerah sendiri.

“Perlu kajian dan pembahasan yang lebih cermat dalam perencanaan pembangunan perguruan tinggi ini, untuk itu hari ini sebagai langkah awal, kita membahas bersama-sama dengan pemerintah kabupaten DAS Barito tang diwakili Sekda masing-masing,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan berita acara oleh Sekda Nuryakin bersama Sekda Kabupaten Barito Utara Muhlis, Sekda Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar, Sekda Kabupaten Barito Selatan Edy Purwanto dan Asisten II Setda Kabupaten Murung Raya Ferry Hardi.

Berita acara tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan antara lain: masyarakat di empat kabupaten DAS Barito memperoleh akses pelayanan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi yang lebih terjangkau dan tersedianya kesempatan yang lebih luas untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan secara akademik serta untuk dapat menampung lebih banyak lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di wilayah DAS Barito, perlu dibangun perguruan tinggi/universitas/politeknik negeri.

Para sekda dari empat kabupaten selaku Ketua Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) selanjutnya menindaklanjuti kesepakatan ini dengan menyusun Rencana Kerja Sama Daerah sesuai ketentuan Peraturan Perundang-Undangan sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah dengan daerah lain, dan Kerja Sama Daerah dengan pihak ketiga.

Naskah Kerja Sama tersebut nantinya akan ditandatangani oleh Kepala Daerah dalam hal ini Gubernur Kalteng dan Bupati se-DAS Barito secara bersama-sama pada waktu dan tempat yang akan disepakati kemudian.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3405 seconds (0.1#10.140)