Petani di Gowa Didorong Lakukan Asuransi Tanaman

Selasa, 02 Agustus 2022 - 12:44 WIB
loading...
Petani di Gowa Didorong Lakukan Asuransi Tanaman
Suasana coffee morning Pemkab Gowa yang dihadiri Bupati Adnan Purichta Ichsan, Senin (1/8/2022). Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mendorong petani yang ada di daerah berjuluk Butta Bersejarah ini untuk melakukan asuransi usaha tanaman padi atau AUTP.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Nurlyah Djamir mengatakan, hal ini penting untuk dilakukan, karena AUTP bersifat melindungi petani jika terjadi kegagalan panen.

. Tentu ini akan berdampak pada produktifitas pertanian dan perkebunan dan lainnya mengalami penurunan, terutama wilayah pertanian yang mengandalkan tanah hujan.

Karena itu perlu dilakukan perencanaan yang baik dalam menghadapi kemarau panjang yang diprediksi oleh BMKG.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Gowa, Fajaruddin menyebutkan, beberapa langkah yang akan dilakukan untuk menjaga produktifitas hasil pertanian di Kabupaten Gowa yakni meminta petani untuk menanam varietas padi yang tahan terhadap kekeringan.

Salah satunya dengan menganjurkan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sosialisasi kepada petani untuk memilih varietas padi yang tahan terhadap kekeringan seperti jenis Impari.

Baca juga:Kabupaten Gowa Masuk Nominasi Program Kampung Iklim dari KLHK RI

Selain itu, memaksimalkan pompanisasi serta menyiagakan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT).

“Selain itu, kami juga akan memaksimalkan penggunaan gudang yang ada untuk ketersedian stok beras dan mendorong pemilik Rice Milling Unit (RMU) untuk menyimpan hasil penggilingannya di tempat masing-masing,” tambahnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)