Stadion GSJ Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Senin, 29 Juni 2020 - 09:51 WIB
loading...
Stadion GSJ Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Stadion GSJ Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Kota Palembang terpilih menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 pada Mei 2021 mendatang. Persatuan Pesepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menyatakan terdapat enam stadion yang terpilih, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan, sejak awal pihaknya sudah siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Bukan hanya karena Sumsel memiliki Stadion GSJ yang sudah siap, melainkan juga didukung oleh stadion pendamping lainnya yakni Bumi Sriwijaya yang bisa dimanfaatkan untuk venue kedua. (Baca: Antisipasi Karhutla, Polda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Bersama )

Selain itu juga ada dua lapangan di venue atletik, satu lapangan di venue akuatik, dan satu lagi lapangan di venue baseball. Sejumlah lapangan ini berada di kawasan kompleks olahraga Jakabaring Sport City Palembang, yang akan dimanfaatkan sebagai tempat latihan peserta tim piala dunia U-20.

"Semula terinfo ke PSSI bahwa kita ogah-ogahan, diantaranya lapangan dan venue tidak terawat. Tapi setelah PSSI berkunjung ke Palembang, mereka tertarik setelah langsung meninjau lapangan yang ada di Palembang," ujar Herman Deru usai meninjau kesiapan stadion GSJ Palembang, Minggu (28/06/2020).

Deru mengatakan, PSSI akhirnya memasukkan Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang dalam 11 besar stadion penyelenggara Piala Dunia U20. "Dan diseleksi lagi dengan berbagai kajian teknis dan nonteknis serta persiapannya. Kita akhirnya dipercaya menjadi 6 besar," jelasnya.

Dijelaskannya, stadion GSJ Palembang merupakan salah satu arena sepakbola dengan fasilitas lengkap di tanah air. Stadion di Kompleks JSC ini sudah cukup teruji dan sering menggelar pertandingan internasional.

Dari segi fasilitas dan standarisasi FIFA, stadion GSJ Palembang ini sudah memenuhi standar. Mulai dari kualitas rumput berkelas dunia, kapasitas penonton 23 ribu kursi dengan single seat dibagian tribun, hingga sarana transportasi yang mudah di akses.

"Stadion GSJ ini sudah sangat siap untuk menyelenggarakan even Piala Dunia U-20. Untuk semua fasilitas didalamnya sudah siap dan berkelas dunia. Fasilitas penunjang lainnya juga sudah siap. Nama baik stadion ini juga sudah sangat dikenal mancanegara karena sudah seringkali menggelar kegiatan internasional," jelasnya.

Selain itu, kata Deru, pihaknya juga sangat optimistis bisa masuk dalam empat besar stadion utama penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Namun pihaknya juga berharap agar enam stadion yang sudah dideklarasikan saat ini bisa menjadi stadion yang menyelenggarakan Piala Dunia U20.

"Harapannya enam stadion ini masuk semua dan menjadi tuan rumah gelaran U-20. Idealnya memang harus masuk semua," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)