Jembatan Suroboyo Jadi Etalase Tumbuh Kembang UMKM

Senin, 01 Agustus 2022 - 05:00 WIB
loading...
Jembatan Suroboyo Jadi Etalase Tumbuh Kembang UMKM
Keberadaan UMKM dan food truck menjadi fenomena baru dalam etalase penjualan produk khas Surabaya. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Keberadaan UMKM dan food truck menjadi fenomena baru dalam etalase penjualan produk khas Surabaya. Etalase penjualan itu menyambung rejeki para pelaku UMKM setelah terhantam pandemi COVID-19.



Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Fauzie Mustaqiem Yos menuturkan, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi, gotong-royong, dan sinergitas antara Pemkot Surabaya bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Surabaya, serta Gerakan Koperasi se-Kota Surabaya. "Ada banyak lapak UMKM dan food truck," katanya, Minggu (31/7/2022).



Ia mengaku bahwa konsep puncak peringatan Harkopnas ke-75 bersifat untuk umum. Seluruh masyarakat Kota Surabaya bisa mengikuti kegiatan senam dan gowes bersama. Selain itu, sebanyak 25 stan UMKM ikut bergabung dalam kegiatan tersebut.



"Bahkan, selain bazar UMKM di CFD Jembatan Suroboyo, bazar UMKM juga dibuka di bagian utara THP Kenjeran Kota Surabaya. Disini kami juga rutin melakukan penjadwalan dari UMKM binaan di kawasan wisata Pantai Kenjeran, yakni setiap hari Sabtu dan Minggu," jelasnya.

Yos menerangkan, penjadwalan UMKM tersebut dilakukan bersama kecamatan dan kelurahan setempat. Setiap minggunya, Dinkopdag bersama kecamatan dan kelurahan melakukan seleksi, agar pelaku UMKM sekitar bisa melakukan transaksi ekonomi secara bergantian.

"Sebab, kami mengutamakan UMKM sekitar dengan harapan, perekonomian mereka bisa terangkat. Salah satunya melalui kegiatan CFD di Jembatan Suroboyo," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8153 seconds (0.1#10.140)