Bupati Morut Dorong Investasi Serap Tenaga Kerja Lokal

Sabtu, 30 Juli 2022 - 20:51 WIB
loading...
Bupati Morut Dorong Investasi Serap Tenaga Kerja Lokal
Bupati Morut dorong investasi serap tenaga kerja lokal. Foto: Istimewa
A A A
MOROWALI UTARA - Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi mengatakan, investasib dapat berdampak langsung pada peningkatan kesejahetraan masyarakat.

Menurutnya, investasi di Morowali Utara cukup tinggi, mencapai 248 persen dari target awal Rp4,8 triliun, hingga Rp11 triliun. Investasi itu, lanjutnya, banyak berasal dari industri pertambangan.

"Realisasi investasi kami tahun lalu sangat tinggi mencapai 248 persen dari target awal Rp4,8 triliun, yaitu diangka Rp11 triliun, karena banyak industri pertambangan yang masuk ke Morowali Utara," katanya, saat penandatangan dengan PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), Rabu (29/7/2022).



Delis mengungkapkan, tingginya nilai investasi telah mendorong pertumbuhan ekonomi Morowali Utara yang tumbuh di atas rata-rata nasional. Namun demikian, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran tidak signifikan.

"Terdapat beberapa penyebab tidak berimbangnya investasi dan pertumbuhan ekonomi dengan kesejahteraan masyarakat, di antaranya penyerapan tenaga kerja lokal kurang maksimal dan migrasi tenaga kerja terlalu tinggi, " ungkapnya.

Menurut Delis, kerjasama antara pPemkab Morut dan PT GNI diharapakan dapat menjadi jalan keluar untuk penyerapan tenaga kerja lokal, terutama untuk tenaga kerja skill, sehingga penurunan angka pengangguran dan kemiskinan bisa signifikan.



"PT GNI telah membuka diri untuk memberikan perencanaan kebutuhan tenaga kerja dalam mendukung percepatan investasinya dan oleh karena itu kami telah menggandeng PT Total HR Indonesia sebagai mitra strategi kami dalam pelaksanaan program peningkatan kapasitas, harapanya akan mendorong peningkatan penyerapan tenaga kerja lokal dengan spesifikasi kemampuan tertentu," bebernya.

Sementara itu, Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor mengatakan, Pemkab Morowali Utara dan PT Gunbuster Nickel Industry atas inisatif untuk mendorong pelatihan dan penyerapan tenaga kerja lokal.

"Hari ini kami menyaksikan MoU, mudah-mudahan pelatihan-pelatihan berbasis kebutuhan industri yang akan dikerjasamakan dapat mendorong tenaga kerja skill di daerah," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)